BERBAGI

EkstraNews.com – Hemat energi adalah soal kebiasaan dalam perilaku keseharian kita saat di rumah. Kendati lemari es kita sudah hemat energi, akan percuma bila perilaku kita cenderung membuat konsumsi energi meningkat.  Beberapa kiat berikut bisa kita coba agar lemari es tidak boros energi:

1. Hindari meletakkan lemari es di tempat yang langsung terkena sinar matahari atau dekat barang yang menghasilkan panas, seperti kompor, oven, atau microwave. Berikan jarak minimal 15 cm dari dinding, atau sesuai buku petunjuk, karena lemari es memerlukan ruang untuk udara panas yang keluar.

2. Biasakan tidak berlama-lama membuka pintu lemari es. Ketika pintu lemari es dibuka, akan terjadi lonjakan daya yang digunakan oleh lemari es. Setiap 30 detik pintu lemari es dibiarkan terbuka, lemari es membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk kembali pada suhu semula. Proses pengembalian ini memakan daya listrik cukup besar.

3. Atur lemari es di suhu ideal, yaitu 2-4 derajat Celcius untuk lemari pendingin dan -15 derajat Celcius untuk freezer. Semakin dingin temperatur lemari es tentunya semakin lama kompressor bekerja sehingga  konsumsi energi listrik semakin besar. Suhu ideal untuk penggunaan lemari es agar hemat adalah antara 70-80 persen. Apabila tidak terlalu dipakai, usahakan atur suhu minimum.

4. Setiap akan memasukan makanan ke lemari es, pastikan makanan tidak dalam keadaan panas. Makanan panas tersebut akan menaikkan suhu di dalam, sehingga lemari es harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan ke suhu semula.

5. Rawat lemari es Anda. Ganti seal atau karet pada pinggiran pintu lemari es apabila sudah longgar atau rusak. Seal yang tidak rapat seringkali merupakan salah satu penyebab lemari es sulit dingin, karena udara dingin justru terbuang ke luar sehingga suhu justru tidak terjaga.

6. Isi lemari es sesuai dengan kapasitasnya. Penyimpanan berlebih pada lemari es akan menutup jalur aliran udara dingin yang nantinya akan mengganggu sirkulasi udara. Pada akhirnya lemari es akan bekerja lebih berat untuk mencapai suhu yang telah diatur.

7. Jangan membiarkan lemari es kosong. Lemari es yang kosong nyatanya membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Maksimalkan volume lemari es, namun tidak berlebihan.

8. Pastikan juga isinya teratur. Hal ini untuk menghindari Anda berlama-lama membuka lemari es akibat isi yang tidak teratur.Jika berniat meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, matikan lemari es Anda. Biarkan pintu lemari es terbuka untuk mencegah terbentuknya jamur di dalamnya. Tapi ingat, keluarkan dulu semua isinya. (cr1)

 

Sumber : http://lampung.tribunnews.com/2017/05/23/delapan-cara-agar-kulkas-tidak-boros-energi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here