BERBAGI

EKSTRANEWS.COM, LAMPUNG TENGAH – Anjloknya harga komoditas singkong di Kabupaten Lampung Tengah, tidak hanya menjadi perhatian pemkab setempat saja. Sejumlah kalangan, tak terkecuali anggota DPRD di wilayah ini, terus mencari solusi atas terpuruknya harga bahan baku utama pembuatan tepung tapioka tersebut.

Anggota DPRD Lampung Tengah, Sumarsono, yang prihatin terhadap nasib para petani singkong di kabupaten ini, merasa terpanggil untuk memberikan solusi dan berinovasi agar petani singkong di daerah ini tidak terlarut dalam ‘duka’ berkepanjangan karena merosotnya harga singkong.

”Kita sama-sama mengetahui harga singkong terus merosot tajam sampai hari ini. Karena itu, saya berpikir untuk melakukan inovasi dan mencarikan solusi terbaik bagi para petani, agar cepat keluar dari permasalahan ini,” ujarnya.

Inovasi tersebut, imbuh Politisi PDI Perjuangan ini, adalah dengan mengalihkan tanaman pokok petani singkong, dengan padi darat. Dengan begitu, kata dia, kedaulatan pangan di wilayah setempat dapat terus terjaga.

”Saya bersama kawan-kawan yang fokus dengan hal ini, sudah melakukan ujicoba. Kita khawatir, kemerosotan harga singkong ini akan berlangsung dalam waktu yang panjang. Karenanya, perlu dilakukan kajian permasalahan, sehingga dapat ditemukan inovasi baik yang akan menjadi solusi atas anjloknya harga singkong. Salah satunya dengan menanam padi darat. Dan hari ini kita buktikan, bahwa menanam padi darat pada kondisi seperti saat ini, dapat menjadi alternatif solusi bagi para petani singkong,” ungkap Legislator yang kini berada di Komisi II DPRD Lampung Tengah ini.

Menurutnya, kedaulatan pangan di Bumi Beguai Jejamo Wawai harus tetap terjaga, kendati kondisi perekonomian nasional mengalami inkonsistensi. Oleh sebab itu, kata dia, dibutuhkan pemikiran serta gerakan inovatif untuk mendukung terlaksananya hal itu.

”Alhamdulillah, hari ini saya dan teman-teman bisa melakukan panen raya perdana padi darat. Dan hasilnya, kita syukuri karena dirasa bisa menjadi solusi atas kebuntuan upaya berbagai pihak dalam menstabilkan harga singkong yang terus merangsek turun.

Sebab itulah, saya berharap kepada kawan-kawan petani singkong, jangan berpatah arang, karena perjuangan belumlah usai. Mari bersama-sama kita budidayakan padi darat ini, sebagai salah satu alternatif solusi dalam menghadapi merosotnya harga komoditas singkong, dan juga sebagai upaya menopang kedaulatan pangan di Republik yang kita cintai ini,” tandas wakil rakyat ini. (zul)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here