BERBAGI

EkstraNews.com – Durian yang dijual para pedagang di Jalan Pangeran Tirtayasa, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, berasal dari Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Buah berkulit tebal dan berduri itu dibanderol mulai Rp16 ribu hingga Rp35 ribu per biji.

“Ukuran paling kecil harganya Rp16 ribu, atau Rp50 ribu dapat tiga buah. Sedangkan ukuran sedang Rp20 ribu-Rp25 ribu. Lalu, ukuran paling besar dibanderol Rp35 ribu per buahn, atau Rp100 ribu dapat tiga buah,” kata Mas’ud (50), salah satu penjual durian di Jalan Tirtayasa, Rabu, 14/6/2017.

Dia mengatakan, durian tersebut diangkut dari Kota Agung dengan Mitsubishi L300, dua hari sekali. Sekali angkut, L300 dapat membawa sekitar 1.000 biji durian. “Sampai di Bandar Lampung, duriannya dibagi-bagi untuk tiga lapak. Setiap lapak dapat sekitar 300-350 buah. Itu biasanya habis terjual dalam dua hari,” ujarnya.

Menurut Mas’ud, dari 1.000 durian dengan harga Rp11,5 juta itu, sekitar 75% yang kondisinya bagus dan terjual. Sisanya, dijual ke pasar untuk diolah jadi tempoyak, atau bahan kue. “Dalam satu hari, per lapaknya dapat omzet sekitar Rp3 juta-4 juta,” kata dia.

Dia menambahkan, karakteristik durian Kota Agung adalah kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Warnanya putih agak kekuningan, seperti durian mentega. Namun, dagingnya tidak setebal dan sekuning durian tembaga. “Kendati demikian, tetap harus selektif dalam memilih durian,” ujar Mas’ud.(cr1)

 

Sumber : http://duajurai.co/2017/06/14/durian-kota-agung-dijual-di-bandar-lampung-mulai-rp16-ribu/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here