BERBAGI

EkstraNews.com – Lampung Barat – Mencari rezeki bagi Meli dan Ani tidak harus menunggu sore hari atau ramai pengunjung, seperti saat jam menunjukkan pukul 12.36 WIB, kedua anak ini rela berpanas-panasan mencari uang dibawah terik matahari. 

Ani mengaku masih sekolah di MIN 1 Liwa dan duduk dibangku kelas VI, dimana sehabis pulang sekolah dia membantu orang tuanya mencari nafkah dengan menjual Pur atau makanan ikan.”Kadang-kadang kalau bukan bapak juga ibu yang berjualan disini kalau saya tidak bisa. Kami berjualan di Hamtebiyu ini gratis tidak ada pungutan sewa, pajak atau lainnya dari pemkab,” kata dia. 

Kalau masih ramai dan tidak turun hujan jualan Pur makanan ikan yang ada dikolom Hamtebiyu tersebut bisa habis, sambungnya.”Penjualannya tidak menentu kadang yang kami bawa habis kadang juga tidak. Satu palstik kecil ini dijual kepada pengunjung untuk melihat ikan banyak ini seharga Rp2.500,” ungkap Ani. 

Sementara itu Meli yang juga masih duduk di bangku kelas VI SDN 1 Liwa ini mengakau, mambantu bapaknya untuk jualan pakan ikan bagi pengunjung kolam Hamtebiyu.”Ia kalau pulang sekolah saya jualan, lumayan nambah-nambah uang dapur ibu,” kata dia. 

Pakan ikan, kata dia, dibeli dari pasar dengan cara kiloan kemudian dibungkus kembali untuk dijual di lokasi wisata kolam Hamtebiyu Liwa.”Kalau sudah dibungkus seperti ini saya tinggal bawa ke tempat jualan ini, yang dibawa juga tidak nentu, kadang 20 bungkus kadang juga lebih begitu juga lakunya tidak nentu, tapi lumayan dapat duit tambahan jajan dan keperluan sekolah,” ucap dia.

Kolam Hamtebiyu yang ada di Kelurahan Pasar Liwa Lampung Barat ini adalah milik pemkab setempat. Dimana kolam tersebut menjadi tempat wisata bagi masyarakat Lambar, dan menariknya dikolam tersebut banyak ikan dilepas, seperti ikan mas dan ikan nila dan jika pengunjung ingin melihat ikan-ikan besar tersebut mengumpul maka pengunjung akan membeli pakannya yang dijual juga oleh para pedagang di lokasi. (cr1)

Sumber Berita: http://www.saibumi.com/artikel-83733-jual-pakan-ikan-di-kolam-hamtebiyu-dua-anak-sekolah-ini-bisa-nambah-uang-jajan-.html#ixzz4iwN6Loai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here