BERBAGI

EkstraNews.com – PESAWARAN – Selain Pulau Pahawang, Provinsi Lampung juga memiliki harta karun lainnya. Beberapa pulau lainnya juga merupakan surga bagi para pencinta selam permukaan (snorkeling) dan Diving. Salah satunya yaitu Pulau Tegal yang terletak di Desa Gebang, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pulau Tegal menawarkan keindahan pantai berpasir putih yang bersih dan airnya yang jernih. Di pulau yang luasnya berkisar 98 Hektar tersebut terdapat puluhan Kepala Keluarga yang bermukim. Di perairan sekeliling pulau, terdapat aneka ragam ekosistem dan sangat kaya akan biota laut.

Kali ini, media mencoba menyambangi pulau yang belum se-tersohor Pahawang itu. Meski jaraknya lebih dekat dari pantai Sari Ringgung, namun tim memilih untuk menyeberang dari Pantai Mutun. Dengan menaiki perahu mesin berkapasitas 10-15 orang, tim mulai perjalanan lau sekitar pukul 11 WIB.

Siang itu langit berawan. Paginya memang sempat turun hujan di kawasan Bandar Lampung. Angin laut tak bertiup kencang, sehingga laju perahu sangat stabil. Perahu disewa dengan tarif Rp350 ribu per hari. Jika tak punya alat snorkeling tak perlu khawatir, sebab banyak sekali jasa sewa alat snorkeling dengan tarif Rp50 ribu per orang. Bahkan, ada yang menawarkan satu paket dengan sewa kapal.

Beruntung, kami sudah punya kenalan penyedia jasa sewa perahu, Pak Acok namanya. Perjalanan kali ini, ia mengajak serta sang putra yang masih berusia 8 tahun yang akrab disapa Upin. Pak Acok memberikan kami harga sewa sedikit miring dari harga normal. Meski demikian, ia tetap dengan senang hati mengantar kami ke spot-spot snorkeling terbaik. Perjalanan kami melewati gugusan pulau dan keramba-keramba ikan dan kerang milik nelayan.

Sekitar pukul 11.45 WIB, tim tiba di Pulau Tegal. Hamparan pasir berwarna putih di bibir pulau dan pepohonan hijau menyambut kedatangan tim. Tapi perahu tak langsung menyandar. Kami berhenti di jarak 500 meter dari pulau. Putra pak Acok segera melempar jangkar. Kami sibuk menggunakan alat snorkeling masing-masing. Setelah semua alat terpasang, satu persatu tim turun ke laut setelah sebelumnya melakukan sedikit gerakan pemanasan, guna menghindari kram saat berenang.(cr1)

 

 

Sumber : http://duajurai.co/2017/07/16/asyiknya-snorkeling-di-pulau-tegal-lampung-hanya-45-menit-dari-pantai-mutun-1/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here