BERBAGI

EkstraNews.com – LAMPUNG – Setelah vakum beberapa tahun, kini Pemerintah Provinsi Lampung kembali mengadakan Krakatau Award. Lomba Cipta Puisi Nasional tersebut memperebutkan Penghargaan Gubernur Lampung yang dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian acara Festival Krakatau XXVII, 25-27 Agustus 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto Herman N menjelaskan, pada tahun ini pihaknya menggandeng Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS. “Untuk tahun ini dimulai dengan lomba baca puisi, dan tahun berikut adalah penilaian terhadap karya cerita pendek (cerpen),” jelas Budiharto melalui surat elektronik yang diterima media Minggu sore, 16/7/2017.

Bagi pemenang I, II, dan III, akan diundang hadir pada penyerahan hadiah dengan mendapatkan fasilitas transportasi pulang pergi Jakarta-Lampung dan akomodasi yang telah ditentukan panitia. Panitia menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenang juara I Rp.3 juta, juara II Rp 2 juta, dan Rp 1 juta bagi juara III. Selain itu, ketiganya juga akan diberikan hadiah piala dan juga piagam pengahargaan.

“Ditambah 47 (empat puluh tujuh) karya nominasi yang disertakan dalam penerbitan buku Antologi Puisi Nasional Krakatau Award 2017,” terangnya.

Menurut Budiharto, penghargaan terhadap karya sastra yang baik sangat diperlukan untuk mengukur sejauh mana kemajuan kesenian di masyakarat. “Karena itu kami menyambut gagasan dihidupkan lagi Krakatau Award,” imbuhnya.

Ada pun ketentuan lomba puisi Krakatau Award, yakni peserta ialah Warga Negara Indonesia, tema puisi adalah pariwisata dan senibudaya Lampung dalam potret pembangunan. Puisi menggunakan bahasa Indonesia, setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya puisi. Kemudian naskah diketik dengan font Tahoma 12 spasi 1,5 ukuran kertas A4. Panjang puisi maksimal tiga halaman. Puisi merupakan karya asli, dan bukan saduran atau plagitasi, belum pernah dipublikasikan, dan tidak mengandung unsur SARA.

“Peserta melengkapi biodata, nomor kontak (handphone), alamat email, identitas diri sesuai KTP yang masih berlaku di lembar terpisah dari lembar karya puisi. Peserta menyertakan lembaran Surat Pernyataan bahwa puisi yang dikirim merupakan asli karya sendiri bukan saduran atau plagitasi, serta bersedia menerima sanksi apabila ternyata puisi tidak asli karya sendiri,” paparnya.
.
Ketentuan lainnya, lembar naskah puisi, biodata, identitas diri, dan Surat Pernyataan dikirim ke Panitia Lomba Cipta Puisi Nasional Krakatau Award 2017 melalui alamat email: panitiakrakatauaward.2017@gmail.com. Naskah Puisi dan lain-lain diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 11 Agustus 2017 pukul 24 WIB.

“Pengumuman para pemenang akan disampaikan pada 14 Agustus 2017, selain surat pemberitahuan kepada para pemenang. Sementara penyerahan hadiah pemenang pada 26 Agustus 2017 bersamaan Festival Krakatau,” imbuhnya.(cr1)

 

 

Sumber : http://duajurai.co/2017/07/16/ini-syarat-dan-ketentuan-lomba-cipta-puisi-krakatau-award-yang-berhadiah-jutaan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here