BERBAGI

EkstraNews.com – BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 410 mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya mengikuti pembekalan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) di Aula Pascasarjana Kampus Darmajaya, Bandar Lampung, beberapa waktu lalu. Mereka siap mengembangkan potensi desa di Kabupaten Lampung Tengah.

Pembekalan diisi dengan tiga materi, yakni etika dalam masyarakat dan potensi ekonomi desa yang disampaikan Aswin. Kemudian, teknik pelaporan PKPM yang disampaikan M Rafiq dan Delli Maria.

Aswin mengatakan, program PKPM memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Kemudian, menjalankan sejumlah program kegiatan untuk mengembangkan potensi desa. “Kehadiran mahasiswa PKPM di desa diharapkan dapat mentransfer ilmu yang dimilikinya dari perkuliahan kepada masyarakat desa. Selain itu, juga memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk lebih mengembangkan potensi yang dimiliki desa,” kata Aswin dalam surat elektronik yang diterima media, kemarin.

Dia melanjutkan, mahasiswa mesti mampu menganalisa dan mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki desa, baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) menjadi produk barang atau jasa bernilai ekonomi yang lebih tinggi dan bisa dipasarkan secara luas. Pengelolaan potensi desa yang optimal dapat berdampak positif, di antaranya menciptakan usaha-usah baru, dan menyerap tenaga kerja. “(Selain itu), menambah pendapatan asli daerah, dan meningkatkan indeks perekonomian daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKPM Dedi Putra mengatakan, mahasiswa PKPM akan menjalani PKPM mulai 1-30 Agustus 2017. Mereka tersebar di 59 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah. Beberapa di antaranya Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Trimurjo, Punggur, Kota Gajah, Seputih Mataram, dan Seputih Raman. Kemudian, Way Seputih, Seputih Banyak, Rumbia, Putra Rumbia, Seputih Surabaya, dan Bandar Surabaya.

Selain pembekalan, tambah dia, mahasiswa juga diberikan pelatihan sebelum melaksanakan PKPM. “Materi pelatihan, yakni pengenalan aplikasi Sistem informasi dan layanan administrasi kampung (SiKam) Lamteng dan Web Sikam yang disampaikan David Kurniawan dan Firdaus Chaniago,” kata Dedi.(cr1)

 

Sumber : http://duajurai.co/2017/07/15/siap-kembangkan-potensi-lampung-tengah-410-mahasiswa-pkpm-darmajaya-ikut-pembekalan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here