BERBAGI

EkstraNews.com –  Kawasan pesisir pantai di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, tampak menumpuk sampah usai libur Lebaran 2017.  Sampah tersebut dapat dijumpai sepanjang pantai, dermaga, di tengah laut, bahkan sepanjang akses jalan menuju lokasi wisata pantai.

“Penumpukan sampah ini merupakan kejadian rutin tiap tahun. Sampah berceceran di lokasi wisata pantai,” kata Direktur Mitra Bentala Mashabi dalam surat elektronik yang diterima media, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Misal, kurangnya kesadaran warga atau para pengunjung pantai agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, bisa juga karena tidak tersedia fasilitas pendukung, seperti kotak sampah dan tempat pembuangan sementara (TPS). “Pemerintah setempat perlu mengambil langkah konkret agar penumpukan sampah tidak kembali terulang pada tahun mendatang,” ujarnya.

Mashabi berpendapat, desa-desa wisata pantai dan laut, seperti Pulau Pahawang, Desa Batu Menyan perlu segera penanganan sampah. Hal ini guna menjaga animo wisatawan tetap tinggi untuk berkunjung saat liburan dan hari raya mendatang. “Pemerintah desa harus membuat sistem pengelolaan sampah di tingkat desa. Bahkan, menerbitkan peraturan desa tentang sampah,” kata dia.(cr1)

 

Sumber : http://duajurai.co/2017/07/11/tiap-tahun-sampah-menumpuk-di-kawasan-pantai-pesawaran-lampung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here