BERBAGI

Radarpembaruan.com – SUIKADANA – Anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur bakal makin sejahtera.  Sebab, mulai tahun ini gaji para anggota DPRD Lamtim akan naik dari Rp12 juta/bulan menjadi Rp30 juta/bulan.
Kenaikan gaji tersebut, antara bersumber dari adanya tunjangan transportasi,  tunjangan komunikasi intensif, uang reses dan tunjangan lainnya.  Itu belum termasuk, uang perjalanan dinas dalam daerah dan luar daerah.
Wakil Ketua DPRD Lamtim Hendri Nurhadi membenarkan adanya kenaikan gaji tersebut. Menurutnya, salah satu komponen penambahan gaji dewan bersumber dari tunjangan transportasi yang mencapai Rp8 juta/bulan. Menurutnya, untuk anggota DPRD Provinsi Rp8,5 juta/bulan dan untuk daerah selisih Rp500 ribu. Kemudian penambahan gaji juga bersumber dari tunjangan komunikasi intensif.  Menurutnya, untuk besaran tunjangan komunikasi  ada perhitungannya.
Dilanjutkan, kenaikan gaji dewan merupakan amanat Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.  “Kenaikan itu berlaku di seluruh Indonesia,”jelas Hendri Nurhadi.
Terpisah, Sekertaris Kabupaten Lampung Timur Syahrudin membenarkan tentang adanya kenaikan gaji anggota DPRD Lamtim tersebut. Kendati demikian, Syahrudin memastikan kenaikan gaji tersebut tidak akan membenani anggaran. “Kenaikan gaji dewan kan amanat undang-undang, tentunya pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk daerah guna pembayaran gaji para wakil rakyat,”terang Syahrudin. (Zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here