BERBAGI

EkstraNews.com – Liwa – Bulan September dalam kalender nasional memiliki dua momen penting. Bulan kesembilan itu dijadikan sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Budaya membaca buku sepatutnya ditanamkan sejak dini. Melalui membaca, cakrawala berpikir seseorang akan terbuka dan menyerap banyak ilmu pengetahuan. Minat baca akan memengaruhi kehidupan individu dan bangsa pada masa mendatang, juga pemahaman ekonomi untuk menentukan masa depan global.

Minat baca masyarakat indonesia termasuk di Lampung Barat masih sangat rendah, malasmembaca ini bukan hanya berjangkit di kalangan masyarakat biasa, tetapi juga kalangan mahasiswa dan pelajar, bahkan para pegawai negeri sipil pun malas untuk membaca. namun hal ini tidak menjadipenghalang bagi perpustakaan daerah untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat, tapi justru menjadi tantangan untuk terus berinovasi mencari terosan baru sebagai upaya promosi peningkatan minat dan budaya baca kepada masyarakat, karena banyak membaca akan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang cerdas dan berkualitas yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Hal Tersebut Di sampaikan Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH saat menghadiri Acara Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Dan Bulan Gemar Membaca Tingkat Kabupaten Lampung Barat Di Lapangan Dinas Perpustakaan Dan Kerasipan Daerah Kabupaten Lambar Selasa, 19/09/2017.

Kemudian salah satu cara  untuk meningkatkan minat baca masyarakat adalah dengan menggiatkan lomba yang berkaitan dengan buku yang bisa memacu minat  baca masyarakat. pada kesempatan ini pemerintah kabupaten lampung barat berulang tahun ke-26. Untuk memeriahkan HUT Lambar dan sekaligus dalam rangka merayakan hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca tahun 2017,kita telah menyelenggarakan lomba bercerita rakyat lampung tingkat anak, lomba bercerita rakyat nusantara tingkat umum, serta lomba berceramahberbahasa lampung untuk tingkat anak dan tingkat umum dengan tema, “pentingnya ilmu dan membaca dalam islam”.

“Sehingga anak-anak bisa termotivasi untuk membaca. tema ini dipilih dengan maksud untuk menjaring aspirasi dari seluruh lapisan masyarakatselaku pemanfaat perpustakaan, yang insya allah akan kami jadikan masukan sehingga perpustakaan umum ini semakin banyak pengunjung, semakin meningkat minat baca masyarakat dan pada akhirnya terwujud masyarakat yang cerdas yang mampu berperan aktif dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lampung barat khususnya, dan indonesia pada umumnya”, ujarnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Daerah Kabupaten Lambar Drs. Saripan Halim MM menyampaikan Dasar  UU No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan pasa 51 (pembudayaan kegemaran membaca di lakukan melalui gerakan nasional pemdudayaan gemar membaca , gerakan nasional pembudayaan gemar membaca sebagaimanan di maksud pada ayat 1 di laksanakana oleh peemrintah dan pemerintah daerah dengan melibatkan seluruh masyarakat). Perda kabupaten Lambar No0 Tahun 2016 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2017. Dokumen  pelaksanaan anggaran no 1.26.1.26.01.07.03 kegiatan hari kunjungan perpustakaan  dan bulan gemar membaca tahun 2017.

 

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana promosi pembudayaan kegemaran membaca pada masyarakat sesuai dengan visi dan misi perpustakaan dalam mencerdaskian kehidupan bangsa . dengan tujuan meningkatkan minat baca dan embudayakan gemar membaca pada masyarakat. Karena budaya baca bangsa Indonesia termasuk lambar masih tergolong rendah dan perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun pemerintah daerah dengan melakukan promosi pembudayaan gemar membaca secara terus menerus.

 

Terus rangkain kegiatan ini adalah lomba bercerita rakyat Lampunh Untuk tingkat anak , lomba bercerita rakyat nusantara untuk umum , lomba berceramah berbahasa lampung tingkat anak, lomba berceramah berbahasa lampung untuk tingkat umum dengan tema Pentingnya Ilmu dan Membaca Dalam Islam.

Tim juri  lomba berasal dari dinas instansi terkait yang berkompeten  di bidangnya masing-masing. Penghargaan panitia memberikan hadiah berupa piala piagam dan uang pembinaan sesuai dengan kemampuan anggaran . selain itu piaknya juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah berkunjung aktif peduli berpartisipasi dan bekerjasama dengan perpustakaan umum kabupaten Lambar dalam meningktakan minat dan budaya masyarakat  Lambar.

 

Adapun nama pemenang pada lomba Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Dan Bulan Gemar Membaca Tingkat Kabupaten Lampung Barat lomba bercerita anak juara I atas nama Yonata Adi  Wiguna dari SD 2 Kembahang, juara 1 Nashwa Nabila Balqis A SDN I Way Mengaku, juara 3 Andre Pratama SDN 3 Tugu sari . juara harapan 1 Mirella lovia  dari SDN 1 Tanjung Raya harapan 2 Natania Assifa SDN 1 Sukarame dan harapan 3 Alesia Novita MI Darussalam.

Lomba Bercerita Umum juara 1 diraih oleh Riandy Andrianto SH dari Dinas Pora Lambar, juara 2 Dea Oktaviana SMKN I Way Tenong juara 3 Ade Wati SMAN 1 LIwa, harapan 1 Dra. Sarinten Guru SMAN I Liwa, anggi Novita sariSMAN I Liwa, tambat Riadi SDN 2 Sukarami.

Lomba Berceramah Anak juara I Gisa Viana P SDN I Sukarami, juara 2 Trulivia Ardhana SDN I Way Mengaku juara 3 Maki Abdul A SDN I Sukapura harapan 1 ayunda natasya sdn 1 Tj Raya  harapan 2 fadila aristya A sdn SUkarami dan  harapan 3 Jesika dian Putri SDN 2 Kembahang.

Lomba Berceramah Remaja juara 1 mira oktavia MAN 1 Lambar, juara 2 tomi pratama SMAN 1 Liwa juara 3 anisa dwi P.  SMP Sekuting Terpadu harapan 1 nili roslina MAN 1 Lambar harapan 2 Salwa Atikah N MTs N 1 Lambar dn harapan 3 Eka Munawaroh SMAN 1 Liwa. Vic/Win

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here