BERBAGI

EkstraNews.com – KOTABUMI – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lampung Utara(Lampura) mnggelar Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-XXXIV Tahun 2017, di stadion Sukung.
Dalam upacara tersebut para Atlit yang berprestasi dibidang Olahraga diberikan tali asih dan Piagam penghargaan oleh Wakil Bupati Lampura dr. H. Sri Widodo.
Wabup Widodo menjelaskan, olahraga telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
Baik dalam melakukan aktivitas fisik, maupun hanya sekedar menonton pertandingan olahraga.
Olahraga juga menyusup masuk ke seluruh lapisan masyarakat, tua, maupun muda, laki-laki, maupun perempuan, didesa, maupun di kota.
Menindak-lanjuti Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2Ol7 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Kementerian Pemuda dan Olahraga telah secara resmi meluncurkan gerakan “Ayo Olahraga”. “Dalam program ini, kami harapkan semua komponen bangsa untuk bahu membahu menggerakanseluruh lapisan masyarakat. Baik pelajar, mahasiswa, pekerja karyawan untuk hidup aktif utamanya melalui olahraga secara rutin dan teratur, apapun olahraganya,”tutur Widodo, kemarin(14/9).

Dikatakan Widodo, terdapat tiga kegiatan utama yang telah difasiiitasi kepada masyarakat pada tahun 2O17 ini yakni, Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa dan Liga Sepak Bola Pelajar Berjenjang.
Ketiga kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mau bergerak, terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga menjadikan olahraga sebagai gaya hidup(lifestyle).
Budaya olahraga tidak dapat tumbuh secara instan tetapi harus melaiui proses yang berjenjang dan berkelanjutan, yang lebih besar. Oleh Karena itu, sangat diperlukan dimulai dari lingkungan terkecil (keluarga) sampai kekomunitas masyarakat peran serta keiuarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktivitas sehari-hari.
Secara institusional dukungan aktif dari aparatur pemerintah mulai tingkat RT, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten Kota, hingga tingkat pusat sangat diperlukan dalam menggerakkan, memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya olahraga sebagaigaya hidup (lifestgle).
Sesuai dengan tema Hari Olahraga Nasional Tahun 2017 ini yakni Olahraga Menyatukan Kita. Maka dalam tema tersebut terkandung makna bahwa melalui olahraga tumbuh kembali semangat cinta tanah air, cinta budaya bangsa, memahami berbagai perbedaan menyatukan jiwa dan semangat kebangsaan. Olahraga akan jauh dari sentimen-sentimen suku, agama, ras maupun golongan.” Berolahraga akan menguatkan nilai-nilai sportivitas, persaudaraan, dan kerjasama, fair play serta rasa saling menghargai dan menghormati. Inilah nilai-nilai yang ada dalam olahraga yang akan mempererat rasa persatuan dan kebangsaan kita, sehingga kesemuanya selaras dengan program pemerintah tentang Revolusi Mental,”terang Widodo.

Selain itu, tambah Widodo, dalam peningkatan oiahraga prestasi perlu dikuatkan pembinaan yang sistematis, berberjenjang dan berkesinambungan dan diperkuat dengan penerapan IPTEK Olahraga serta peningkatan jumlah dan mutu tenaga keolahragaan.
Di tahun 2018 bangsa Indonesia akan menjadi tuan rumah Untuk Asean Games di Jakarta dan Palembang serta Asian Para Games di Jakarta.
Diharapkan kepada seluruh komponen bangsa ini berperan aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing untuk mensukseskan perhelatan internasional tersebut demi kebesaran dan harumnya nama Indonesia tercinta.
Tidak lupa apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen bangsa baik di pusat maupun di daerah, yang telah menggerakkan masyarakat untuk berolahraga dan juga telah bekerja keras untuk membina para atlet hingga mencapai prestasi terbaik.” Kami bangga atas prestasi yang ditorehkan olehputra/putri terbaik bangsa sehingga mengangkat kebanggaan daerah, provinsi hingga tingkat nasional,”pungkasnya.(ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here