BERBAGI

EkstraNews.com – Lampung Tengah – Usaha untuk menyukseskan program kampung entrepreneur creative (KECe) terus dilakukan para pemuda yang tergabung dalam relawan KECe. Tak hanya melakukan pendampingan, tim relawan KECe juga siap membantu pelaku usaha atau UMKM untuk membuat surat izin usaha. 

Hal ini diungkapkan tim Relawan KECe saat menyambangi sejumlah UMKM di Kampung Purwodadi Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah, Jumat, 29/9/2017. Menurut Syam, Ketua Relawan KECe, masih banyak pelaku usaha yang belum mengantongi surat izin.

“Karenanya kami siap membantu prosesnya. Kebetulan Pak Bupati juga telah menggratiskan pembuatan SIUP. Pelaku UMKM yang membutuhkan surat izin usaha ini, kami siap bantu, akan kami fasilitasi,” ungkap Syam.

Di Kampung Purwodadi, Tim Relawan KECE mengunjungi usaha kremes singkong/gruplbi milik Ibnu, salah satu pelaku UMKM setempat. Pada kesempatan itu, berpesan agar usaha-usaha kecil agar diperhatikan. Misal mempermudah proses mendapatkan Nomor Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT).

“Saya sangat mendukung program KECe yang digulirkan pak bupati. Saya harap lewat program kami, usaha kami lebih diperhatikan. Salah satunya untuk mendapatkan nomor P-IRT, mohon bisa difasilitasi,” ungkapnya. 

Kunjungan relawan KECe dilanjutkan ke usaha untir-untir milik Sukmiyanto. Disini relawan diajak melihat proses produksi pembuatan untir-untir dan pendistribusiannya.

Syam menambahkan program Kece juga disupport langsung dinas perindustrian Lampung Tengah. Untuk memudahkan komunikasi antar pelaku UMKM, pihaknya juga telah membuat group Paguyuban KECe di aplikasi Whatsapp. 

“Program Kece ini memberikan semangat baru bagi masyarakat khususnya pelaku usaha kecil menengah. Karena selain di support Langsung oleh Bupati, program ini juga menjadi sarana saling tukar informasi antar masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Mustafa pernah menyatakan pemberian surat izin usaha gratis menjadi salah satu upayanya menyukseskan program KECe. Tak hanya membekali skill entrepreneur, pihaknya berjanji akan memberikan kemudahan akses atau izin bagi para pelaku usaha.

“Target program KECe adalah melahirkan sebanyak mungkin entrepenuer di tiap kampung. Berbagai upaya telah kami lakukan, mulai dari pemberdayaan pemuda, kami bekali mereka keterampilan. Lalu menghidupkan UMKM maupun KWT, dan kami memberikan izin gratis pada mereka,” jelasnya.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here