BERBAGI

EkstraNews.com – METRO – Walikota Metro Ahmad Pairin mengklik pustaka digital untuk mencari buku bacaan mengunakan jaringan online. Walikota juga sekaligus melaunching Pustaka Digital di Kantor Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah pada peringatan Hari Kunjungan Perpustkaan setempat, Rabu (27/9).

Pustaka digital digunakan untuk memudahkan pembaca dan bisa dimana saja, karena mengunakan jaringan online. Kini kantor Dinas Perpustakaan Metro telah memilikinya.

Konteks lainnya, walikota juga mengunjungi stan komunitas baca yang digelar dalam rangka ikut memeriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan di Kantor Dinas Perpustkaan setempat.

“Membaca harus dijadikan  kebiasaan masyarakat. “Ingin pintar harus banyak membaca,”ujar Walikota Pairin.

Ia mengajak masyarakat untuk mulai membudayakan membaca. Hal senada juga dituturkan Kapolres Metro AKBP Umi Fadilah Astutik. Ia mengatakan Polres siap mendukung walikota untuk mewujudkan kota pendidikan. Karenanya, kedepan Insyah Allah Metro akan menjadi budaya baca.

Sementara Kadis Pendidikan Metro Ria Andari mengatakan pihaknya sedang memprogramkan 15 MM, yang dilakukan dari TK–SMP.

“15 menit membaca, 15 menit menulis, itu akan diprogramkan dinas  disekolah-sekolah,”ucapnya. Namun, diawali prioritas adalah para gurunya lebih dulu. Untuk itu pada kunjungan perpustakaan dilakukan penandatangan MOU antara Dinas Pendidikan dengan Dinas Perpustkaan yang disaksikan walikota . Isinya, pemanfaatan perpustakaan daerah untuk sekolah, mulai dari TK hingga SMP.

Sedangkan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, Syahri Ramadhan mengatakan digelarnya Hari Kunjungan Perpustakaan salah satunya adalah untuk mendorong terwujudnya Metro menjadi kota pembelajaran dengan mengembangkan budaya membaca. (son).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here