BERBAGI

EkstraNews.com – KOTABUMI – Untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit saat menghadapi Perubahan cuaca kadang Cenderung Panas dan Cenderung Hujan.
Dinas Kesehatan(Diskes) Lampung Utara(Lampura) menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Bumi Ragem Tunas Lampung agar tetap aktif menjaga kebersihan rumah maupun sekitar lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.
Kepala Dinas Kesehatan Lampura dr. Hj. Maya Metissa melalui Kabid P2PL(Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Nely Kusrianti mengatakan, himbauan ini diberikan mengingat pada saat perubahan cuaca ini banyak sekali penyakit menular yang dapat menyebar.
Jika sudah mengalami pergantian cuaca seperti ini banyak penyakit aka datang mulai dari Diare, Demam Berdarah Dengue(DBD), Influenza seperti Batuk kering dan pilek(Ispa) dan Malaria. ” Untuk itu himbauan ini juga akan kita sampaikan pada saat Rapat Kordinasi(Rakor) bulanan. Karena perpanjangan tangan Diskes tidak hanya Puskesmas saja tetapi juga ada Camat dan aprat Desa lainnya,”terang Nely, kemarin(17/10).

Dikatakan Nely, saat pergantian cuaca dari Panas ke Hujan yang harus diantisipasi utama yakni penyebaran DBD.
Untuk mencegah penyakit dan penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara menerapkan 3M Plus yakni Menutup penampungan air, Menguras bak mandi dan Mengubur barang bekas dan menerapkan Pemberantasan Saranf Nyamuk(PSN) dan membersihkan lingkungan.
Kemudian ada penyakit Ispa berupa Batuk bersahak dan berdarah disertai Pilek.
Penyakit ini jangan sampai dianggap remeh, jika masyarakat sudah batuk dan pilek lebih dari seminggu segera periksa ke Puskesmas. Di Puskesmas sendiri sudah disiapkan obat-obatan untuk penyakit tersebut.” Batuk pilek ini jngan dianggap remeh. Itu bisa jadi Ispa, dan satu kali batuk bisa mengelurkan 360 kuman, sedangkan ketika bersin ada 1000 kuman yang dikeluarkan.
Dan ini penyebarannya sangat cepat. Untuk itu masyarakat harus waspda,”himbaunya.

Nely menambahkan, saat membersihkan lingkungan sekitar, masyarakat harus membersihkan selokan air yang ada di belakang rumah maupun di samping rumah.
Karena di tempat-tempat rawan itulah nyamuk banyak bersarang.
Untuk obat-obatan penyakit saat pergantian cuaca ini sudah ada di Puskesmas masing-masing.
Jadi masyarakat bisa berobat langsung ke Puskesmas.”‘ Sesuai dengan program Bupati Lampura Hi. Agung Ilmu Mangkunegara menciptakan kesehatan Gratis yang Berkualitas. Yang utamanya jika ingin terhindar dari penyakit kita harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat(PHBS),”pungkasnya.(ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here