BERBAGI

EkstraNews.com – KOTABUMI – Untuk membrantas Buta Aksara Al-Qur’an di Kabupaten Lampung Utara(Lampura) peran utama orang tua yang paling utama.
Sekretaris Kabupaten Lampura Drs. Hi. Samsir M.M., mengatakan, untuk membrantas Buta Aksara Al-Qur’an di Lampura 60 persen peran orang tua sangat dibutuhkan dalam Hal ini, karena sehari-hari anak akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.
Sementara 40 persennya lagi peran dari seorang Guru di Sekolah.
Diharapkan peran orang tua bisa aktif dalam membantu membrantas buta Aksara Al-Qur’an.”Pendidikan keagamaan bagi umat Islam seperti mengaji tidak hanya diajarkan di sekolah saja, tetapi di rumah orang tua harus mengajarkan anaknya untuk mengaji. Karena dengan mengaji buta Aksara Al-Qur’an dapat dicegah. Untuk itu mari kita ajarkan anak mengaji di TPA atau guru ngaji yang ada di lingkungan rumah,”tutur Samsir saat diwawancarai di ruang kerjanya, kemarin(23/10).

Dalam Hal ini lanjut Samsir, peran Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lampura dalam membrantas buta Aksara Al-Qur’an melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Disdikbud) Lampura akan berencana mengembangkan agar setiap guru ketika hendak memulai jam pertama pelajaran dapat meluangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk membaca Al-Qur’an bersama para siswanya.”Ini adalah salah satu upaya yang utama untuk mengentaskan Buta Aksara Al-Qura’an ini. Kita berharap rencana yang kita galakkan ini bisa benar-benar berjalan di sekolah,”kata dia.

Di dalam Kurikulum di pembelajaran lanjut Samsir, sudah dimuat dan diterapkan di sekolah bahwa setiap memulai pelajaran di awal jam pertama sisihkan waktu untuk membentuk karakter anak yang berakhlakul karimah.
Jangan sampai para calon generasi muda penerus bangsa itu tidak berbudi pekerti yang luhur.”Jadi para siswa itu tidak hanya pintar pengetahuan umu saja seperti pintar Matematika. Namun jika akhlaknya tidak mengimbangi akan jadi apa anak itu nanti. Untuk itu umat Islam harus mencintai Al-Qur’an. Begitu juga dengan Agama lainnya harus mencintai kitabnya masing-masing,”ucap Samsir.(ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here