BERBAGI
EkstraNews.com РBANDARLAMPUNG РGubernur Lampung M.Ridho Ficardo melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung, Jumat (27/10) kemarin, mengirimkan bantuan kepada korban  banjir bandang yang menerjang tiga pekon (desa) di Kelumbayan Induk Kabupaten Tanggamus yakni Napal, Sinarmaju dan Sinar Harapan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni saat di wawancarai usai menghadiri rapat persiapan hari Pahlawan diruang Sungkai.
Menurut Sumarju sesuai intruksi Pak Gubernur, kami dan beserta tim langsung segera mengirimkan bantuan berupa Makanan siap saji, selimut, pakaian untuk anak sekolah, tenda gulung dan fabet ke lokasi banjir, disamping itu juga pagi ini Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Provinsi serta kabupaten tanggamus dan pesawaran telah diterjunkan untuk mengevakuasi korban banjir bandang di Kelumbayan Kabupaten Tamggamus.
“Dimana ketika mendengar adanya bencana yang menimpah Desa Kelumbayan Pak Gubernur menekankan langsung cepat mengintruksi semua jajarannya segera cepat dibantu, kita bantu dulu jangan sampe terlambat. Ini merupakan wujud perhatian Gubernur kepada masyarakatnya. Ujar Sumarju
Gubernur Lampung juga telah mengintruksikan Plt. Bupati Tanggamus Syamsul Hadi segera tangkap tangan memberikan bantuan korban banjir di Desa Kelumbayam, salah satunya beras dimana Pemprov Lampung telah menitipkan diseluruh Kabupaten/Kota stok beras sebanyak 100 Ton beras, dimana beras ini nantinya dapat dibagikan kepada korban yang terkenah musibah dengan kebutuhan selama tiga hari. Katanya.
Masih kata Sumarju, untuk lebih detilnya kalian bisa bertanya ke bidangnya, yaitu Badan Pelayanan Bencana Daerah (BPBD) apakah mereka sudah melakukan bantuan lainnya. Ungkap
Sementara Kepala Badan Pelayanam Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung, ¬†Sena Adhi Winarta saat dihubungi nomornya tidak aktif dan ketika ditemui di kantornya beliau tidak ada. Ujar salah satu stafnya. ” Sedangkan Sekretaris BPBD M. Fadli ketika tak sengaja ketemu di lingkungan Pemprov Lampung menghindar bergegas kearah mobil saat di wawancarai. ” Maaf iya saya non komen lagi pusing ” ujarnya.
Sebelumnya banjir bandang menerjang tiga pekon (desa) di Kelumbayan Induk Kabupaten Tanggamus. Pristiwa banjir ini terjadi sekitar pukul 4.00 WIB, Kamis (26/10). Tiga pekon itu, yakni Napal, Sinarmaju dan Sinar Harapan.
berdasarkan informasi yang didapat tim BPBD, lima rumah di Pekon Napal terendam banjir dan luapan air juga telah memasuki sekolah dasar.
Luapan air terjadi akibat karena air dari area perbukitan, sehingga menggenangi pemukiman penduduk. Ketinggian air diperkirakan mencapai satu meter. Dia juga mengimbau agar warga yang berada di bantaran sungai lebih hati-hati dan mengungsi ke daerah lebih aman. Ini agar tak ada hal-hal yang tak diinginkan. (Bri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here