BERBAGI

EkstraNews.com – Bandar Lampung – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo melepas peserta Jalan Sehat Sarungan pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Provinsi Lampung 2017, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Minggu (22/10/2017). Tak hanya melepas, Gubernur Ridho juga ikut berbaur jalan kaki mengenakan sarung bersama para kyai dan santri.

Saat melepas jalan sehat tersebut, Gubernur mengatakan santri merupakan simbol pemersatu bangsa. “Ini merupakan momen peringatan bahwa santriawan berperan dalam mendirikan bangsa Indonesia menjadi satu kesatuan,” ujar Ridho. Jalan sehat ini bertema “Jalan Sehat Sarungan”, karena pencerminan santri yang erat hubungannya dengan sarung.

Ridho mengatakan Jalan Sehat Sarungan sebagai momen silaturahmi seluruh keluarga besar santri Lampung. “Ini juga ajang mempererat tali persaudaraan kepada para pimpinan pondok pesantren. Mudah-mudahan ini dapat memperkuat rasa kebangsaan di kalangan pondok pesantren,” kata Ridho.

Agenda HSN Tingkat Provinsi Lampung 2017, antra lain diisi berbagai kegiatan seperti ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Gebyar HSN bertema ‘Meneguhkan peran santri dalam bela negara, Pancasila dan NKRI’ di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, dan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Santri Diniyah Takmiliyah (Porsadini) ke-III di Asrama Haji Rajabasa, Bandar Lampung, Sabtu (21/10/2017).

Puncak HSN, akan dilaksanakan Upacara HSN di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandarlampung, Minggu (22/10/2017). Peringatan HSN 2017 merupakan tahun kedua dengan mengusung tema “Santri Hebat, Negara Kuat, Santri Mandiri, NKRI Hebat”.

Presiden RI Joko Widodo menetapkan 22 Oktober sebagai HSN melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015. Ini adalah bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mengisi, dan mempertahankan kemerdekaan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here