BERBAGI
EkstraNews.com – BANDAR LAMPUNG – Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, Tony Lumban Tobing, berharap kopi robusta memperoleh tempat terbaik di dunia. “Dalam pelaksanaan International Coffee Day, kami memperkenalkan lebih mendalam kopi robusta ke beberapa negara sahabat. Harapannya, Lampung jadi surga kopi, dapat dinikmati oleh lapisan masyarakat Indonesia bahkan hingga mancanegara,” ujar Toni, pada acara Ngupi Pay di Paradise Hall Hotel Novotel Bandar Lampung, Sabtu (30/9/2017) malam.
Dia yakin kegiatan ini mampu menunjang produktivitas perkebunan kopi, peningkatan wawasan, ajang kompetisi dan promosi berbagai produk kopi. Muaranya, peningkatan citra kopi robusta Lampung. “Dengan lebih dikenalnya kopi robusta Lampung, menjadi kebanggaan bagi kita. Ini tentunya membawa manfaat bagi Indonesia terutama bagi Lampung. Kalau ingat Lampung, ingat kopirobusta Lampung. Begitu pun sebaliknya,” kata Tony.
Kehadiran Jalan Tol Tran Sumatera, kata Tony, harus ditangkap sebagi peluang mendatang wisatawan ke Lampung. “Kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk menikmati kopi robusta Lampung,” kata Tony.
Staff Lab Analis PT Nedcoffee Indonesia Makmur, Jaya Supri, menjelaskan lebih memilih kopi robusta Lampung, karena memiliki kekhasan. Selain itu lebih disukai masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. “Kopi robusta lebih baik dari pada kopi arabika. Kopi arabika tidak akan sempurna, karena masih membutuhkan kopi robusta. Selain itu, kopi robusta dapat dinikmati masyarakat pada umumnya,” kata Supri.
Menurut pengelola kopi Ghalkoff, Endrian, kopi robusta sangat dinikmati dan disukai masyarakat Indonesia. “Bahan kopi robusta Lampung memiliki rasa yang mendalam. Kopi fermentasi yang kami gunakan merupakan robusta. Berbeda dengan kopi arabika yang rasanya asam, sehingga tidak semua kalangan mampu meminumnya,” kata Endri.
Andi, pecinta kopi yang hadir di Ngupi Pay menyampaikan kopi robusta memiliki cita rasa khas. “Kopi robusta memiliki rasa yang berbeda dari kopi yang saya nikmati selama ini. Selain itu, dapat diolah dengan berbagai macam variasi, dan pelengkap kopi arabika,” kata Andi. (Humas Prov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here