BERBAGI
EkstraNews.com – Pringsewu – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Pringsewu ke-6 Tahun 2017 secara resmi dibuka oleh  Bupati Pringsewu Hi.Sujadi di lapangan Pekon Siliwangi, Kecamatan Sukoharjo, Ahad (22/10) malam.
Pembukaan MTQ ditandai dengan prosesi tabuh bedug oleh bupati Pringsewu Hi.Sujadi didampingi Wakil Bupati Pringsewu DR.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., ketua DPRD beserta jajaran muspida Pringsewu. Pembukaan MTQ yang dimeriahkan dengan parade defile para kafilah dari sembilan kecamatan ini  juga dihadiri Kepala Biro Binsos Setda Provinsi Lampung Hj.Ratna Dewi mewakili Gubernur Lampung, jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu, DPRD, muspida, kementerian Agama, ketua LPTQ, ketua MUI, ketua dan wakil ketua TP-PKK beserta Dharma Wanita Persatuan, para camat, serta elemen masyarakat Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis Negeri Bersahaja.
Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk menjadikan MTQ sebagai momentum untuk memasyarakatkan nilai-nilai Al-Qur’an yang universal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Melalui MTQ Kabupaten Pringsewu ke-6 tahun 2017 ini, mari kita ciptakan generasi Qur’ani dalam rangka membentuk masyarakat yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” ajaknya.
Berbeda dengan pelaksanaan MTQ sebelumnya, MTQ Kabupaten Pringsewu ke-6 tahun 2017 ini  tampaknya lebih meriah karena diisi dengan banyak rangkaian kegiatan keagamaan, serta dikaitkan pula dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017.
Beberapa rangkaian kegiatan itu diantaranya upacara peringatan Hari Santri Nasional di lapangan Pendopo Kabupaten Pringsewu, perkemahan pramuka santri, istighosah di komplek makam KH.Gholib, kegiatan Mushaf Al-Qur’an dan Diseminasi hasil kajian Al-Qur’an dengan tema ‘Al-Qur’an dan Dinamika Masyarakat (menakar peran Kementerian Agama)’ dengan menggandeng lembaga Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama RI. Serta dimeriahkan pula dengan kegiatan nonton bareng film da’wah lslam, pameran MTQ, serta parade mushaf dan pawai ta’aruf yang dimulai dari lapangan Dirgahayu, Pekon Sukoharjo III, Kecamatan Sukoharjo hingga finish di lapangan Pekon Siliwangi sebagai lokasi pusat kegiatan MTQ.
Ketua LPTQ Kabupaten Pringsewu Drs.A.Budiman PM, menjelaskan pelaksanaan MTQ Kabupaten Pringsewu ke-6 di Kecamatan Sukoharjo berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Oktober 2017, diikuti sebanyak 490 kafilah dari sembilan kecamatan, baik qori dan qoriah serta official. Sejumlah tangkai yang dilombakan diantaranya tilawah, hifzhil, tafsir, fahmil, syarhil, khotil Quran, dan lainnya.
Dijelaskan Drs.A.Budiman PM, M.M yang juga  Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, kegiatan MTQ ini juga dimaksudkan sebagai ajang seleksi serta persiapan dalam mengikuti kegiatan MTQ tingkat Provinsi Lampung tahun 2018 mendatang, dimana mereka yang menjadi juara akan mewakili Kabupaten Pringsewu pada MTQ tingkat  Provinsi Lampung. (Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here