BERBAGI

EkstraNews.com – Lampung Tengah – Terobosan untuk meningkatkan keamanan terus dilakukan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa. Tak hanya terjun langsung memantau aktivitas ronda di tiap-tiap kampung, Mustafa menginstruksikan para SKPD untuk terjun dan patroli ronda.

Bupati mengatakan para SKPD wajib melakukan kegiatan patroli keliling ke seluruh kampung di Lamteng. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan yang dimulai dari kampung. 

“Ini merupakan terobosan kita dalam rangka meningkatkan keamanan dan peningkatan pembangunan di kampung-kampung. Program ini telah dilaksanakan mulai 1 Oktober hingga 31 Desember mendatang. Kita akan libatkan Satpol PP, Dishub, SKPD dan para staf ahli,” ungkapnya, Sabtu, 7/10/2017. 

Untuk melaksanakan kegiatan ini Pemkab Lamteng telah menyediakan 10 unit mobil ronda. Delapan unit untuk Pol PP yang akan digunakan untuk monitoring ronda yang dilakukan oleh para asisten dan staf ahli bupati sebanyak 2 unit dan 6 unit untuk pelaksanaan percepatan pembangunan.

Kemudian 2 unit lagi diberikan kepada Dinas Perhubungan Lampung yang akan di gunakan untuk monitoring ronda dan percepatan pembangunan.

Satu mobil diperuntukkan untuk 4 kecamatan yang nantinya akan berkeliling ke semua kampung. Kegiatan ini juga melibatkan dari unsur POLRI , TNI dan Linmas. “Tim gabungan dari Pol PP, Babinkamtibmas, Babinsa dan Linmas akan melaksanakan patroli dari pagi hingga malam hari,” ujarnya.

Nantinya tim akan melakukan kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan sejak pagi hingga sore hari. Kemudian usai Magrib tim akan melaksanakan rembuk kampung yang akan melibatkan aparat kampung, kecamatan dan pendamping kecamatan.

“Melalui program ini tim akan mendengarkan secara langsung aspirasi dari masyarakat. Apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka harapkan. Seperti kebutuhanpembangunan infrastruktur, pertanian, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. nantinya aspirasi dari masyarakat ini akan kami sampaikan kepada Bupati LampungTengah. Karena kami merupakan perpanjangan tangan bupati,” Jelasnya. 

Ia menambahkan,  setelah rembuk kampung malam harinya tim akan melanjutkan kegiatan dengan Ronda Malam. “Mereka akan membantu masyarakat dalam menjaga keamanan di setiap kampung. Seluruh kampung akan mereka datangi secara bergantian. Jadi kami tidak mengenal hari libur atau jam kerja. Karena kegiatan ini kami laksanakan setiap hari selama 3 Bulan kedepan,” pungkasnya.

Di pagi harinya sebelum melakukan rutinitasnya,  tim akan mengajak masyarakat untuk melakukan senam ronda. Melalui senam ini mereka mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga masyarakat tidak mudah terserang penyakit dan dapat melakukan aktifitasnya dengan tubuh yang sehat. 

Program patroli ronda ini disambut baik oleh para SKPD. Kasat Pol PP Lamteng,  Tri Widarbo mengatakan program SKPD berpatroli ini sangat inovatif dan meningkatkan peran ASN dalam meningkatkan keamanan di Lampung Tengah.

Dia berharap lewat program ini Kabupaten Lamteng menjadi semakin aman,  masyarakatnya tentram dan sejahtera, seluruh program-program pemerintah dapat berjalan dengan baik dan Lamteng semakin  bergerak maju. “Dengan ini Lampung Tengah bisa menjadi kabupaten yang lebih baik lagi,” harapnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here