BERBAGI
EkstraNews.com – PRINGSEWU – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 tingkat Kabupaten Pringsewu digelar di halaman pendopo kabupaten setempat, Sabtu (28/10). Upacara yang diikuti jajaran Pemkab Pringsewu dan ormas kepemudaan ini, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pringsewu Sujadi.
Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi yang dibacakannya, Sujadi mengajak seluruh masyarakat untuk mensyukuri lahirnya sumpah pemuda, dimana sumpah pemuda yang diperingati tersebut merupakan sumbangsih para pemuda Indonesia di masa lampau.
“Sudah sepatutnya masyarakat luas, khususnya para generasi muda untuk meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” katanya.
Dikatakan, dewasa ini dengan kemudahan yang didapatkan masyarakat, terutama para pemuda Indonesia dalam mengakses dan mempergunakan media sosial malah tampak seperti disalahgunakan serta berujung memecah belah bangsa.
“Untuk itu, di hari sumpah pemuda ini diharapkan para generasi muda memenfaatkannya dengan bijak dan bertujuan mempererat kebersamaan,” harapnya.
Berbeda dengan acara,peringatan sebelumnya, kali ini, sebelum dan setelah upacara berlangsung, para peserta upacara beserta warga disambut oleh para pedagang jajanan tradisional yang memenuhi area sekitar pendopo. Para pedagang jajanan tersebut merupakan pedagang jajanan yang tergabung dalam komunitas Pringsewu Community yang selama ini menggelar dagangannya di sepanjang jalur menuju komplek perkantoran Pemkab Pringsewu setiap minggu pagi lewat kegiatan yang dinamakan ‘nggruput’. Mereka sengaja diakomodir oleh panitia guna memeriahkan peringatan hari Sumpah Pemuda di Pringsewu. Tampak hadir pada upacara tersebut, wakil bupati Pringsewu Fauzi, sekretaris daerah Budiman, serta unsur pimpinan daerah lainnya.
Selain itu, pada malam harinya, wabup Pringsewu Fauzi juga menutup kegiatan Gala Desa 2017 di GOR Bumi Jejama Secancanan Kabupaten Pringsewu. Gala Desa yang merupakan program Kemenpora sudah berlangsung di Pringsewu sejak sepekan lalu.
Sementara itu, pada Minggu (29/10) pagi, Bupati Pringsewu Sujadi didampingi Wabup Fauzi dan Ketua KPUD Pringsewu Andreas Andoyo dan muspida setempat, mengikuti sekaligus melepas kegiatan Jalan Sehat Sadar Pemilu dalam rangka menyambut Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Lampung.
Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh KPU di seluruh kabupaten kota se Indonesia, termasuk di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis Negeri Bersahaja. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here