BERBAGI

EkstraNews.com – Bandarlampung – Acara Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, dan Pemeriksaan IVA tingkat Provinsi Lampung berlangsung meriah di PKOR Way Halim, Kota Bandarlampung, Jumat (13/10/2017).

Kegiatan itu dihadiri dan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD se-Provinsi Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, istri Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

Turut hadir pada acara tersebut Sekda Provinsi Lampung Sutono yang mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Lampung, para Pimpinan Organisasi Wanita dari BKOW, Persit KCK, Jalasenatri, PIA Ardy Garini, Adhyaksa Dharma Karini, dan Wanita Bhayangkari Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Yustin Ficardo memaparkan bahwa Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan produktivitas penduduk, yang pada gilirannya akan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

“Kegiatan Germas di Lapangan PKOR Way Halim kali ini adalah yang ketujuh diadakan Pemprov Lampung. Untuk memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang telah diinstruksikan Presiden RI. Bersamaan dengan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dan Pemeriksaan IVA Tingkat Provinsi Lampung,” Jelas Yustin Ficardo.

“Melalui kegiatan ini diharapkan keluarga dan masyarakat di Provinsi Lampung semakin meningkat kesadaran dan kemampuan memelihara kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu, mulai hari ini mari kita cuci tangan pakai sabun selama 21 hari kedepan. Sosialisasikan perilaku ini kepada keluarga dan masyarakat sekitar kita,” lanjutnya.

Pencegahan Dini Kanker Leher Rahim 

Yustin Ficardo juga menjelaskan kegiatan Gerakan Pencegahan dini Kanker Leher Rahim dengan pemeriksaan IVA, dan kanker payudara dengan Sadari, telah dimulai sejak pagi hari, Jumat (13/10/17), di Gedung Dewan Kesenian Lampung.

“Target hari ini tercapai dengan 1.000 perempuan memeriksakan dirinya. Semoga bukan hanya menurunkan angka kematian akibat kanker, namun juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya,” ujar Yustin lagi.

Dia juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Lampung yang telah memberikan perhatian yang tinggi pada kesehatan perempuan di Provinsi Lampung, khususnya dalam penanggulangan penyakit kanker.

“Pemerintah Provinsi Lampung telah menganggarkan di APBD Tahun 2018 sebanyak Rp14 miliar kepada 200 Puskesmas di Provinsi Lampung untuk melaksanakan deteksi dini penyakit kanker leher rahim dengan test IVA,” demikian Yustin Ridho Ficardo menambahkan. (ANT/BPJ/Bogor).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here