BERBAGI

EkstraNews.com – Pesawaran – Keseriusan pemerintah Kabupaten Pesawaran kembangkan tapis ternyata bukan hisapan jempol belaka. Hal ini terbukti dengan adanya bantuan 30 Unit tekang ( alat tenun tapis – red), yang di berikan langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Pesawaran Ny.Nanda Indira Dendi, SE. setelah membuka Workshop Pembinaan Dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, Media Desain Dan Iptek, Selasa ( 10/10/2017) di aula Pemerintah Kabupaten setempat.

Selain telah menetapkan pusat pengembangan tapis di Negeri Katon sebagai langkah awal penggerak pengembangan UMKM Tapis, pada hari ini sama-sama telah kita ketahui bersama, bahwa Pemerintah Kabupaten Pesawaran pada Tahun Anggaran 2017 juga telah melakukan pengadaan Tekang (alat tenun tapis) sejumlah 30 unit. Pengadaan tapis ini sebagai pelaksanaan program Pelaksanaan Program Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Media Desain.

Tekang tersebut akan diberikan kepada kelompok pengrajin tapis, sebagai awalan untuk pengrajin yang berada di wilayah Kecamatan Negeri Katon sebanyak 25 unit dan Kecamatan Gedong Tataan sebanyak 5 unit, dengan harapan program ini nantinya akan berlanjut terus, sehingga dapat memudahkan para pengrajin dalam beraktivitas serta berproduksi guna menghasilkan karya seni tapis yang lebih indah dan bernilai tinggi, yang tentunya juga akan berpengaruh pada perekonomian dan peningkatan kesejahteraan para pengrajin tapis itu sendiri.

” Saya selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, tak lupa kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran, yang tak henti hentinya berperan dalam peningkatan dan pengembangan tapis di wilayah Kabupaten Pesawaran, dan secara khusus kepada bapak Bupati Pesawaran yang begitu luar biasa peduli terhadap perkembangan UMKM secara keseluruhan terlebih pada pengembangan Tapis Pesawaran,” jelas Nanda Indera Dendi .

Kami selaku Dewan Kerajinan Nasional Daerah juga akan terus berupaya dan berjuang dalam membantu pemerintah daerah serta stakeholder lain dengan secara masif untuk memberi ide, gagasan akan langkah yang strategis serta sustainable (berkelanjutan) dalam rangka peningkatan UMKM secara umum serta tapis secara khusus di Bumi Andan Jejama.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, tak lupa kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran, yang tak henti hentinya berperan dalam peningkatan dan pengembangan tapis di wilayah Kabupaten Pesawaran, dan secara khusus kepada bapak Bupati Pesawaran yang begitu luar biasa peduli terhadap perkembangan UMKM secara keseluruhan terlebih pada pengembangan Tapis Pesawaran.

Kami selaku Dewan Kerajinan Nasional Daerah juga akan terus berupaya dan berjuang dalam membantu pemerintah daerah serta stakeholder lain dengan secara masif untuk memberi ide, gagasan akan langkah yang strategis serta sustainable (berkelanjutan) dalam rangka peningkatan UMKM secara umum serta tapis secara khusus di Bumi Andan Jejama.

Selain telah menetapkan pusat pengembangan tapis di Negeri Katon sebagai langkah awal penggerak pengembangan UMKM Tapis, pada hari ini sama-sama telah kita ketahui bersama, bahwa Pemerintah Kabupaten Pesawaran pada Tahun Anggaran 2017 juga telah melakukan pengadaan Tekang (alat tenun tapis) sejumlah 30 unit. Pengadaan tapis ini sebagai pelaksanaan program Pelaksanaan Program Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Media Desain.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here