BERBAGI
EkstraNews.com – Pringsewu – Melalui program bantuan dana desa tahun anggaran 2017 Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo ingin menyuksekan program stop buang air besar sembarangan (STOP BABS). Hal ini sangat beralasan, pasalnya saat ini masih ada sebagianĀ  warga di pekon setempat belum memiliki jamban sehat.
Kepala Pekon Tegalsari Suharto menjelaskan, pada tahun ini pekon yang dipimpinnya mendapatkan bantuan dana desa sebesar 809 juta. Menurutnya, sesuai musrenbang tingkat pekon beberapa waktu yang lalu dana tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur dan ikut menyuksekan program pemerintah menuju Kabupaten Pringsewu menjadi ODF pada 2017.
Suharto mengaku sebenarnya warganya sudah memiliki jamban tapi belum masuk kategori jamban sehat. “Saat ini masih ada beberapa warga yang sebenarnya sudah memiliki jamban, namun belum kategori jamban sehat, karena pembuangannya masih ke kolam,” ujarnya, Selasa (24/10) kemarin.
Oleh karena itu, menurutnya sesuai peraturan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa diturunkan ke Peraturan Kabupaten Pringsewu No. 02 Tahun 2012 Tentang RT RW Pasal 28 ayat 2 B, maka sebagian anggaran bantuan dana desa akan kami fokuskan untuk program STOP BABS.
Suharto mengungkapkan bahwa pihaknya melalui permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) telah memberikan peminjaman dana untuk pembangunan jamban sehat kepada para warga. Kemudian, warga akan mengangsur ke BUMdes dengan angsuran yang ringan.
Suharto bersyukur karena berkat adanya bantuan dana desa tersebut pihaknya dapat merealisasikan keinginan masyarakat, seperti program STOP BABS dapat terealisasi. “Saya berharap melalui program permodalan BUMdes untuk menyuport program STOP BABS dapat menyuksekan program pemerintah sehingga pekon kami menjadi ODF,” harapnya.
Menurutnya, dengan adanya bantuan dana desa dapat menunjang percepatan pembangunan di pekon setempat. Dia berharap, program dana desa dapat terus digulirkan untuk mendorong kemajuan di pekonnya. “Mudah-mudahan bantuan dana desa iniĀ  bisa terus diluncurkan agar pekon kita bisa terus membangun, membangun dan membangun,” pungkasnya.(Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here