BERBAGI
EkstraNews.com – PRINGSEWU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu melakukan tahapan tes wawancara ke‎pada 90 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.
Hal itu dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung tahun 2018.
Wawancara berlangsung di Sekretariat KPU dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB oleh empat Komisioner yakni Ketua KPU A.Andoyo, ‎H.Warsito, Hermansyah dan Agus Prianto. Diawasi oleh anggota Panwaskab Pringsewu.
Ketua KPU Andoyo mengatakan, karena banyaknya peserta dan keterbatasan waktu, maka tes wawancara dilakukan selama dua hari, Selasa 31 Oktober  dan ‎Rabu 1 November.
“Hari Selasa ini (31/10)  ada 50 calon PPK yang mengikuti tes yakni dari Kecamatan Adiluih, Ambarawa, Banyumas, Gadingrejo dan Kecamatan Ambarawa,”‎katanya.
Pada hari kedua, Rabu (1/11)  ada 40 calon PPK dari Kecamatan Pagelaran Utara, Pardasuka, Pringsewu dan Kecamatan Sukoharjo.
“Masing-masing peserta di tes wawancara  ‎antara 5 hingga 6 menit,”jelas Andoyo.
Dia menjelaskan, materi pada tes wawancara meliputi seputar tekhnis penyelenggara‎an pemilu, peraturan seputar pilkada, kewilayahan hubungan antar lembaga masyarakat komitmen dan integritas serta tanggapan masyarakat.
Selanjutnya usai tes wawancara, pada Kamis 2 November, KPU Kabupaten Pringsewu menetapkan dan mengumumkan lima orang anggota PPK melalui media massa dan dapat dilihat webs KPU Pringsewu atau ditempel di Sekretariat KPU.
“Kemudian untuk pengambilan sumpah dan pembekalan anggota PPK pada 3 hingga 4 November,”terangnya.
Lanjut Andoyo,  calon anggota PPK yang   lulus tes wawancara adalah peserta yang benar-benar potensial dan tanpa ada rekayasa.
“Saya yakin calon anggota PPK yang bisa lulus menjadi lima besar adalah murni atas kemampuannya,”ungkapnya.
‎Ketua KPU Pringsewu menambahkan, bahwa perekrutan calon PPK itu dengan dasar hukum tentang pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018 diantaranya, peraturan KPU No.1 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.
“Juga adanya Keputusan KPU Provinsi Lampung Nomor 38/HK.04.1-Kpt/18/Prov/X/2017 tentang pedoman teknis tata kerja KPU Provinsi Lampung, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS dan KPPS dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018,”imbuh Andoyo. (Sol )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here