BERBAGI

EkstraNews.com – PESAWARAN – Sebanyak 44 Desa se Kabupaten Pesawaran menerima bantuan Gerakan Desa Ikut Sejahtera (GADIS), Jumat (17/11/2017).

Program yang merupakan unggulan Pemerintah setempat ini semata mata untuk meningkatkan Desa Tangguh dan Mandiri melalui penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Dalam sambutannya Bupati Dendi Ramadhona mengatakan, program Gadis ini adalah inovasi Kabupaten Pesawaran sebagai pemberian reward atau penghargaan kepada desa berprestasi yang ada di Kabupaten Pesawaran.

”┬áTidak semua desa yang dapat menerima Bantuan Dana Program GaDIS. Beragam kriteria harus dapat dipenuhi oleh Desa yang akan memperoleh program GaDIS,” tegasnya .

Ditambahkan Bupati untuk meraih semua ini di perlukan beberwpa kretaria diantaranya Tertib Administrasi Desa, Lunas PBB, Siskamling, Inovasi PKK, dan terutama adalah Dokumen Perencanaan Usaha BUMdesa,” kata dia

Dendi menjelaskan sebagai program yang ditekankan untuk penguatan BUMDesa, bantuan dana GaDIS yang berjumlah Rp. 100 juta untuk setiap Desa tersebut, merupakan komponen pembiayaan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

Nantinya bagi yang memperoleh program GADIS, dana ditransfer ke rekening desa, agar Desa segera mentransfernya ke rekening BUMdesa untuk selanjutnya pengurus BUMDesalah yang akan mengelolanya sesuai dengan unit usaha yang diusulkan kepada Tim Koordinasi GaDIS.

Dengan adanya program tersebut potensi perekonomian masyarakat desa dapat dikembangkan melalui BUMDesa. Sebab lanjutnya,  Pergerakan ekonomi desa melalui BUMDesa bukan saja memberikan peluang efek positif bagi Pendapatan Asli Desa (PADesa), namun juga efek domino berupa tumbuhnya inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengelola sumber daya lokal.

” Dengan Program GaDIS yang merupakan salah satu Icon kemajuan Desa di Kabupaten Pesawaran dapat menjadi salah satu causa efektif dalam rangka memberikan wahana aktualisasi desa dan masyarakat secara keseluruhan agar memperoleh nilai tambah yang berimplikasi pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa, “ujarnya

Pada kesempatan ini bagi Kades penerima bantuan diminta untuk menandatangani fakta integritas sebagai implementasi dari program.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here