BERBAGI
EkstraNews.com – PRINGSEWU – Sebanyak 18 peserta kelompok tani dari sembilan kecamatan se Kabupaten Pringsewu mengikuti lomba keterampilan mengolah tanah mempergunakan traktor tangan. Lomba dalam bentuk Balap Traktor yang memperebutkan piala bergilir Bupati Pringsewu serta hadiah menarik lainnya ini digelar di areal persawahan jalur menuju komplek perkantoran Pemkab Pringsewu, Kamis (2/11). Lomba ini sendiri dibuka langsung oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi.
Perlombaan yang terbilang unik dan langka yang diselenggarakan hasil kerjasama antara Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Gading Mas Kabupaten Pringsewu dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu ini tak ayal menarik perhatian masyarakat Pringsewu, termasuk para pengendara kendaraan yang melintas di sepanjang jalan raya tersebut. Sehingga lokasi lomba menjadi ramai dipadati para penonton yang begitu antusias menyaksikan lomba yang baru kali pertama diadakan di Kabupaten Pringsewu dan bahkan mungkin di Lampung.
Menurut Kadis Pertanian Ir.Iskandar Muda, perlombaan balap traktor ini bertujuan untuk lebih menyemarakkan lagi bidang pertanian, khususnya padi sawah di Kabupaten Pringsewu, di tengah semakin maraknya alih fungsi lahan di wilayah tersebut.
“Lomba balap traktor ini direncanakan akan menjadi event rutin tahunan di Kabupaten Pringsewu,” katanya.
Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas digelarnya lomba balap traktor ini, dimana selain inovatif diharapkan dapat bersinergi dengan visi Pringsewu Bersahaja, yakni Pringsewu yang Berdaya saing, Harmonis, dan Sejahtera.
“Berdaya saing, dimana melalui lomba ini, kelompok tani sebagai peserta lomba tentunya memiliki keunggulan dalam teknik budidaya pertanian. Harmonis, karena melalui kegiatan ini akan terjalin kerjasama yang lebih harmonis antarkelompok tani. Kemudian Sejahtera, dimana melalui lomba atau kegiatan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian secara lebih optimal,” harapnya.
Selain itu, lanjut Sujadi, kegiatan lomba balap traktor ini sekaligus bisa dijadikan sarana penyuluhan kepada para petani tentang bagaimana cara mengolah tanah yang baik dan benar. “Selanjutnya, bila kita berbicara di luar terma pertanian, lomba balap traktor ini yang barangkali baru pertama diadakan di Lampung ini, bila dikemas secara apik dan menjadi agenda rutin, tentu saja dapat mengundang minat wisatawan, sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.
Turut hadir mendampingi bupati, Ketua DPRD Pringsewu Hi.Ilyasa, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir.Junaidi Hasyim, Kepala Cabang PT.Bank Lampung Pringsewu Malastinoh, Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Pringsewu Nurhayati Budiman,  serta jajaran Pemkab Pringsewu lainnya. (Sol )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here