BERBAGI

EkstraNews.com – Way Kanan – Pidato Bupati Raden Adipati Surya Yang dibacakan Sekretaris Daerah, Saipul.

Pengaruh era globalisasi saat ini tentunya membawa pengaruh positif dan negatif. Kita lihat saja masuknya teknologi internet, yang mampu memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Apalagi bagi anak muda, internet sudah menjadi santap mereka sehari-hari. Jika digunakan semestinya tentunya kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak, kita akan mendapat kerugian. Dan sekarang ini banyak anak muda kita yang menggunakan tidak semestinya. Misalnya untuk membuka situs-situs porno. Pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya. Kita sebagai seorang muslim tidak diperbolehkan melakukan perbuatan yang dilarang syari’at islam. Seperti menggunakan internet tidak semestinya yang sudah kita bicarakan diatas. Hal tersebut dapat berdampat buruk bagi penggunanya sendiri dan orang lain yang terlibat karena dapat menjerumuskan dalam kemaksiatan seperti berzina. Untuk dapat terhindar dari perbuatan buruk tersebut.

Pada hari ini kita memperkenalkan kepada anak-anak kita tentang pelaksanaan Rukun Islam ke-5. dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak terkait pelaksanaan ibadah haji yang setiap tahunnya ditunaikan oleh jutaan umat muslim dari seluruh dunia.

Praktek manasik haji sangat penting diperkenalkan kepada para anak-anak usia dini agar menjadi bekal iman dalam membangun pemahaman nilai-nilai agama sejak dini untuk masa depannya. Paling tidak, anak-anak kita dapat mengetahui akan kewajiban menunaikan ibadah haji bagi umat Islam yang telah mampu, dan juga dapat menumbuhkan keinginan atau niat untuk menunaikan haji sejak dini.

Kegiatan manasik tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan perhatian dibidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial.

Dalam rangka penciptaan  manusia-manusia yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, maka pemerintahan Kabupaten Way Kanan memberikan insentif pada guru ngaji, melaksanakan MTQ baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan “Way Kanan Mengaji” terutama untuk siswa sekolah menengah. Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan Pengajian Aparatur Sipil Negara bersama masyarakat di 14 Kecamatan. (rls)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here