BERBAGI
EkstraNews.com – PANARAGAN – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat(Tubaba), dalam meningkatkan produksi beni padi yang berkualitas. Melalu Dinas Pertanian kabupaten setempat, akan memprogramkan mandiri benih padi yang, dikelola oleh kelompok petani khusus untuk produksi benih padi unggulan.
“Ditahun 2018 yang akan datang kita mempunyai ide atau program, akan memproduksi bibit benih padi di tiga kecamatan yaitu Tulangbawang udik, tulangbawang tengah dan tumijajar. Agar dapat mencukupi kebutuhan kita bahkan kita dapat menginfor produksi benih keluar daerah tubaba,”kata sekertaris dinas pertanian Roni saat dihubungi minggu( 5/11).
Roni memaparkan, setiap tahun kelompok petani tubaba ini membutuhkan 500 ton kurang lebih setiap tahun untuk bibit padi yang harus dibutuhkan para petani pertahunnya.
“Selain untuk mencukupi kebutuhan kita Prospeknya bagus untuk kita pasarkan juga dan tinggal kita lihat untuk pemasaran nya lagi. Kita akan pasilitas pendampingan kepada kelompok petani itu agar bibit yang di hasilkannya bagus dan berkualitas,”ujarnya.
Dia menjelaskan untuk jenis bibit sesuai dengan kebutuhan petani, pihaknya juga kan bekerja sama dengan pihak perusahaan balai benih bibit padi yang ada di provinsi lampung sehingga bibit-bibit yang di hasil akan dari tubaba ini bersertifikat.
“Nanti Kita akan berkerja sama dengan perusahaan penghasil benih yang ada di provinsi, sehingga melalu program kita ini perusahaan tersebut dapat mengambil produksi hasil benih bibit dari kita yang nantinya dapat di pasarkan keluar daerah,”jelasnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here