BERBAGI
SONY DSC
EkstraNews.com – Pringsewu – Pemerintahan Pekon Gadingrejo Timur melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas bagi pengurus Karang Taruna, di balai pekon setempat. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial Pringsewu Arif Nugroho, Kepala Pekon Gading Timur, Mirad Sepdianto, dan seluruh jajaran pengurus Karang Taruna Tunas Jaya.
Dalam sambutannya, Arif Nugroho menekankan peran penting Karang Taruna sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial serta perannya dalam pembangunan di tingkat Pekon maupun Kabupaten.
Mirad Sepdianto mengatakan karang taruna merupakan organisasi sosial kepemudaan, wadah pengembangan generasi muda, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah pekon atau komunitas sosial sederajat.
Diharapkannya, karang taruna mampu menjadi mitra kerja pemerintah daerah khususnya pemerintah pekon untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda dan selain itu setiap karang taruna mempunyai tugas pokok secara bersama – sama dengan pemerintahan dan komponen masyarakat lainnya.
“Melalui pelatihan karang taruna diharapkan agar anggota karang taruna dapat menggali potensi sumber kesejahteraan sosial yang ada, yang dapat dibina dan dikembangkan serta upaya menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam mengelola organisasi karang taruna di Pekon Gadingrejo Timur,” paparnya.
Bertindak selaku narasumber adalah Dedy Akhmadi dari Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu. Adapun materi yang disampaikan meliputi keorganisasian dan peningkatan peran Karang Taruna dalam pemberdayaan ekonomi. Sesuai dengan Permensos Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna.
Dalam acara tersebut juga diperkenalkan satu produk unggulan dari usaha perdana Karang Taruna  Tunas Jaya yaitu Kaos Gaul Trend masa kini. Kaos tersebut  diharapkan bisa menjadi  salah satu identitas warga Gadingrejo Timur.
Sekretaris Pekon Gadingrejo Timur Rahmat menambahkan tujuan pelatihan tersebut untuk menumbuhkan dan mengembangkan para pemuda masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggungjawab sosial dalam mencegah dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial khususnya generasi muda yang berada di Pekon Gadingrejo Timur.(Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here