BERBAGI
EkstraNews.com – LAMPUNG TIMUR – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo meninjau lomba Kesatuan Gerakan (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan Tingkat Lampung Timur 2017 di Lapangan Merdeka, Desa Totoharjo, Purbolinggo, Lampung Timur, Senin (27/11/2017). Lomba ini bersamaan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam mendorong Gerakan PKK meningkatkan peran pada program KB dan pembangunan kesehatan.
Yustin menyampaikan, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo sangat memperhatikan pembangunan Lampung Timur. “Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya memfasilitasi program pertanian Lampung Timur termasuk pembangunan sumber saya manusia. Pak Ridho berupaya memberikan beasiswa bagi anak petani melalui Perhiptani dan berencana membangun SMK Pertanian. Ini dapat menjadi motivasi semangat bagi Lampung Timur melaksanakan pembangunan berkala. Salah satunya membangun dan memelihara ruas jalan provinsi,” kata Yustin.
Bukan hanya itu, Pemprov Lampung bersama Pemerintah Lampung Timur dan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi meresmikan BUMDes untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat. Yustin memuji Lampung Timur sebagai salah satu lumbung pertanian Lampung.
Pada kunjungan ini, Yustin mengunjungi tempat pembuatan kue keciput di UP2K Trisna Rasa, Desa Taman Fajar dan meninjau petani bibit tanaman di Desa Taman Endah dan ikut menenun kain batik khas Lampung saat meninjau lomba di Lapangan Merdeka, Desa Totoharjo. Ibu Rikanah (56) senang dan bahagia saat dikunjungi Yustin dan tidak menyangka turun langsung membuat kue keciput.
Yustin Ficardo juga memberikan bantuan paket perlengkapan bayi dan masak. Kemudian, bantuan timbangan bayi kepada posyandu Lampung Timur dan buku sekolah kepada para pelajar.
Aktifitas Germas di Lampung Timur, menurut Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim paling banyak. Lomba ini, diharapkan dapat meningkatkan peran wanita dalam kesetaraan gender. Lalu, fokus pada kegiatan meringankan beban keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera I dalam pelayanan KB dan kesehatan.
“Lomba kali ini istimewa karena Ibu Ketua TP PKK Provinsi Lampung langsung hadir. Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-kesehatan, selain membina kader dasawisma dan posyandu sebagai upaya pengentasan kemiskinan,” ujar Nunik, nama panggilannya.
Kegiatan ini merupakan terobosan yang sepenuhnya dilaksanakan kader secara sukarela dan mandiri. “Kepada tim penilai saya minta memberikan penilaian dan penghargaan yang layak untuk kerja tanpa pamrih para kader di Desa Totoharjo ini. Tidak berlebihan bila kami mengharapkan tim penilai memilih dan menetapkan Desa Totoharjo sebagai juara pertama,” kata Nunik. (Humas Prov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here