BERBAGI
EkstraNews.com – KOTAAGUNG – Bila proses perizinan tak terkendala, sebanyak 43 unit rumah type 36/72 bersubsidi direncanakan akan dibangun di pekon Gisting bawah kecamatan Gisting, kabupaten Tanggamus pada tahun 2018 mendatang.
Kepala dinas perumahan rakyat (PR) Tanggamus Mulkifli Novem mengatakan, bahwa sebelumnya pihak pemkab Tanggamus telah mengajukan pembangunan perumahan bersubsidi kepada pemerintah pusat.
Pumahan bersubsidi sangat direkomendasikan bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah kebawah, namun untuk mendapatkan perumahan bersubsidi tersebut, masyarakat harus memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

“Rumah ini murah karena semua fasilitas umum, seperti pembangunan jalan ditanggung oleh pemerintah bukan oleh pihak pengembang. Syaratnya umum, sebagaimana kepemilikan perumahan bersubsidi,” katanya.

Dikatakannya, bahwa perumahan bersubsidi sangat dibutuhkan masyarakat, selain biaya uang muka yang terjangkau, angsuran pun jangka panjang. “Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan oleh masyarakat,” kata dia.

Dan saat ini kata Mukifli, sudah ada satu developer (pengembang) properti yang telah mengajukan pembangunan perumahan bersubsidi. Diakuinya, lahan dan pembiayaan pembangunan perumahan tersebut ditanggung semua oleh pihak pengembang.

“Developer properti yang akan membangun perumahan bersubsidi di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting. Atas nama CV Tanggamus Niaga Taman, tanah ya milik dia, pembiayaan pembangunan dan fasilitasnya pun dari dia semua. Jika semua proses sudah dilewati, kemungkinan tahun 2018 sudah mulai dibangun,” katanya.

Sementara terkait perizinan lanjut dia, bahwa dinas PR telah melakukan rapat lintas instansi bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Wakil Bupati. “Perizinan seperti tata ruang kan hak dari Bapedda, maka kami lakukan rapat bersama agar saat pembangunan tidak terkendala.yang jelas saat ini masih dalam proses perizinan dan mudah mudahan bisa direalisasikan pembangunannya pada tahun 2018 mendantang,” jelasnya. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here