BERBAGI
EkstraNews.com – Lampung Tengah – Guna meningkatkan penataan lingkungan sekolah, Pemkab Lampung Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lamteng mencanangkan Gerakan Serentak Bersih Sehat Rapi dan Indah (Gertak Berseri).
Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamteng Rosidi mengatakan, ide dibuatnya program Gertak Berseri setelah melihat kebersihan sejumlah sekolah kurang maksimal. Karenanya sesuai dengan instruksi bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa, dicanangkan program untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.
“Sasaran program Gertak Berseri ini mulai dari TK, SD, dan SMP se-Lampung Tengah. Karena kalau sekolah bersih dan indah, maka berpengaruh juga terhadap kegiatan belajar mengajar. Siswa akan merasa senang dan semangat untuk belajar di kelas. Sama halnya dengan guru pun akan nyaman saat menyampaikan materi pelajaran,” ujar Rosidi.
Sebagai langkah awal untuk mewujudkan program Gertak Berseri Disdikbud membentuk panitia dari bidang yang berkaitan. Kemudian panitia yang telah dibentuk akan melakukan penilaian langsung ke sekolah TK, SD, dan SMP se-Lamteng.
Rosidi merasa yakin program Gertak Berseri akan terlaksana dengan baik. Sehingga, melalui program tersebut akan tercipta sekolah yang bersih dan indah. Kedepannya, warga sekolah pun akan aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekolah masing-masing.
Penilaian dan pemberian hadiah untuk sekolah terbaik dari program Gertak Berseri ditentukan berdasarkan zonasi wilayah. Ada tiga zona yang telah disiapkan, yaitu zona Barat, Tengah dan Timur. Pemberian hadiah nantinya untuk terus memotivasi sekolah menciptakan lingkungan bersih rapi dan nyaman.
“Kenapa program ini dilakukan karena tidak memakan biaya dan murah. Kemudian bisa melibatkan bidang yang ada di Disdikbud. Kedepan ini akan terus dilaksakan secara rutin. Dengan demikian, tidak ada lagi sekolah yang kotor dan tidak terawat,” pungkasnya.
Sementara itu Bupati Mustafa menuturkan, pendidikan menjadi sektor penting yang menjadi prioritas kepemimpinannya. Perhatian diberikan tidak hanya pemberdayaan SDM tenaga pengajar dan siswa, tetapi juga fisik.
“Saya sudah instruksikan kepada semua kepala sekolah agar dapat menciptakan suasana sekolah yang asri, nyaman dan menyenangkan. Program Gertak Berseri juga akan dinilai, sekolah terbaik akan mendapatkan reward. Untuk itu saya harap sekolah berlomba-lomba untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang terbaik,” pungkasnya.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here