BERBAGI

EKstraNews.com – Lampung Tengah – Pembangunan Tugu Canang dan Tugu Gajah dipastikan selesai sebelum akhir Desember 2017. Proses pengerjaan masih terus dikebut sehingga dapat rampung sesuai target.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Lamteng Rudiyanto mengatakan, kontraktor pelaksana pembangunan Tugu Canang dan Tugu Gajah diminta segera menyelesaikan pembangunan.

“Sebelum akhir Desember ini sudah selesai. Kami sudah minta supaya pihak kontraktor bekerja lembur untuk penyelesaian pembangunan,” kata Rudiyanto.

Untuk mendukung agar Tugu Canang yang berada di Lapangan Merdeka Gunungsugih cepat terealisasi, dikatakan Rudiyanto, pihaknya telah menyiapkan lampu sehingga pengerjaan pada malam hari bisa tetap berjalan.

Sama halnya untuk Tugu Gajah di persimpangan jalan atau tepatnya bersebelahan dengan Kantor BPN Lamteng, proses pengerjaan tetap dilakukan. “Patung gajahnya telah dipesan dan dibuat terpisah. Ada sembilan patung gajah yang nantinya akan dipajang,” jelas Rudiyanto.

Pembangunan Tugu Canang dan Tugu Gajah muncul dari Bupati Lamteng DR. Ir. Hi. Mustafa. Untuk Tugu Gajah akan berdiri sembilan patung gajah yang menandai Kesuttanan Jurai Siwo Mego.

“Ide dasar pembangunan Tugu Gajah dari Pak Bupati Mustafa. Jadi beliau yang lebih mengerti. Di sana sudah mulai dikerjakan,” kata Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Lamteng Budi Efriyanto.

Selain Tugu Gajah, akan dibangun Tugu Canang di sekitar Lapangan Merdeka Gunungsugih. Melalui Tugu Canang menjadi dasar untuk menyampaikan gerakan perubahan. Di bagian mana akan dibangun, Budi mengaku belum mengetahuinya.

Pembangunan lainnya yang direalisasikan tahun ini yakni gapura dan taman di Kampung Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar, tepatnya di pintu masuk kawasan pendidikan. “Pembangunan tugu dan gapura ini sebenarnya sebagai upaya untuk memperindah perwajahan kota di Lamteng,” kata Budi.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mengatakan tak hanya membangun tugu canang, Pemkab Lampung Tengah juga bakal segera membangun tugu gajah yang lokasinya berada di sebelah Kantor Badan Pertanahan Nasional Lamteng. Di lokasi tersebut  akan dibangun sembilan patung gajah yang menandai Kesuttanan Jurai Siwo Mego.

“Tugu Canang menjadi simbol untuk menyampaikan gerakan perubahan. Sementara 9 patung gajah menjadi symbol sembilan marga yang menjadi tonggak sejarah di Lampung Tengah. Insya Allah keduanya akan dibangun tahun ini secara bertahap. Diharapkan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan dari luar kabupaten,” ujarnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here