BERBAGI
EkstraNews.com – BANDAR LAMPUNG – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Lampung (Forikan), Aprilani Yustin Ficardo mengajak pelaku usaha restoran dan rumah makan membuat variasi menu makanan berbahan dasar ikan agar masyarakat tertarik mengonsumsi ikan. Ajakan serupa juga disampaikan ke berbagai lembaga pemerintah.
“Kita bersama-sama membudayakan kebiasaan mengkonsumsi ikan. Contohnya seperti Dinas Kesehatan dapat menggerakkan masyarakat hidup sehat dengan kampanye manfaat makan ikan di rumah sakit dan posyandu,” kata Aprilia Yustin Ficardo saat membuka Diseminiasi dan Rapat koordnasi Forikan Provinsi Lampung di Balai Keratun, Rabu (1/11/2017).
Menurut Yustin Ficardo, tumbuh kembangnya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan berdampak positif bagi peningkatan konsumsi ikan di Lampung. “Di 2016, konsumsi ikan di Lampung tercatat 28.42 kg/kapita/tahun, dibandingkan dengan 2015 sebanyak 27.68 kg/kapita/tahun,” kata Aprilia Yustin Ficardo.
Dalam acara yang mendatangkan narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta dokter spesialis jantung tersebut, Apriliani Yustin Ficardo berharap Forikan dapat menjadi wadah bagi para inisiator, inspirator, motivator, kreator, aktivator dari lintas lembaga dan profesi dalam menyukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).
Dalam mendukung kesuksesan kampanye manfaat makan ikan, dihadirkan stand bazar berbagai variasi makanan yang menggunakan bahan dasar ikan dari Kabupaten/Kota yang menjadi anggota Forikan Provinsi . Apriliani Yustin Ficardo juga, dengan antusias mengunjungi stand bazar dan membeli beberapa makanan berbahan dasar ikan.
Selain itu, dalam memperingati Hari Ikan Nasional pada 21 November, Yustin Ficardo mengajak masyarakat hadir pada 12 November 2017 pukul 07.00 di PKOR Bandar Lampung untuk berpartisipasi dalam kegiatan memasak berbagai makanan berbahan dasar ikan bersama Chef Juna yang dihadirkan dari Jakarta.
Menurut Liza Derni, ketua penyelenggara acara tersebut diseminasi dan rapat koordinasi Forikan bertujuan menambah pengetahuan peserta akan manfaat gemar mengkonsumsi ikan. Selain itu acara ini bertujuan mengevaluasi program Forikan untuk meningkatkan konsumsi ikan. (Humas Prov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here