BERBAGI

EkstraNews.com – Liwa – Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Yulia, resmi melantik pengurus kecamatan se-Lambar, kemarin (7/12). Pelantikan tersebut dirangkai dengan acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

BMKT merupakan lembaga Pendidikan agama islam non formal yang senantiasa berusaha menanamkan ahklaq yang mulia, meningkatkan ketaqwaan, pengetahuan dan kecakapan dalam mencari ridho allah SWT.

Sebagai forum pendidikan umat islam, ujar Yulia di sela-sela acara pelantikan tersebut, peranan fungsi dan potensi BMKT bukan saja besar jumlahnya tetapi juga efektifitasnya yang semakin meningkat dalam menyemarakkan syaiar islam dan meningkatkan kecerdasan umat.

Istri wakil bupati Lambar itu berharap agar semua pihak dapat mendukung kegiatan BKMT, karena tanpa dukungan seluruh elemen baik kalangan alim ulama, cendikiawan, maupun unsur birokrasi dan seluruh masyarakat, BKMT tidak dapat berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan.

Dalam lima tahun mendatang, kepengurusan yang baru saja dilantik dituntut dapat berkembang seirama dengan meningkatnya tuntutan dan tantangan pembangunan dewasa ini. Karena kebutuhan akan peningkatan pemahaman para pengurus dan pengajar serta mutu dalam kemapuan pelayanan semakin diperlukan sehingga BKMT dapat menjalankan fungsi dan perananya dalam menunjang pembangunan  Khsusnya di Kabupaten Lambar.

“Pengurus hendaknya dapat mengemban amanah yang telah di berikan sekaligus dapat bekerja dengan penuh keikhlasan dan pengorbanan serta dapat bersinergi dengan Pemda dalam pembinaan majelis taklim dimasa mendatang”, ujarnya.

Semenatara itu Wakil Bupati setempat, Makmur Azhari, mengatakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW harus menjadi tolak ukur bagi umat islam untuk merefleksikan diri, memperbaiki akhlak dan meneladani sifat-sifat terpuji dari baginda nabi muhammad saw dalam kehidupan sehari-hari.  disamping itu, nabi muhammad saw adalah panutan dan teladan luhur bagi kaum muslimin dalam menempuh kehidupan di dunia.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW pada hakekatnya adalah mengingatkan, dan menyegarkan kembali kepada seluruh umat islam akan sikap dan perilaku nabi yang dicintai allah swt.  Sikap dan perilaku nabi tidak hanya sekedar untuk diketahui semata, akan tetapi diharapkan kepada kita semua umat islam untuk mencontoh, menghayati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat Lambar, dikenal sebagai masyarakat yang religius dan menghargai kebersamaan serta harmoni sosial dengan tuntunan nilai dan norma – norma agama.  maka kami yakin bahwa silaturrahmi dalam majelis pengajian seperti ini, bagi warga masyarakat merupakan sarana yang masih dihormati. semakin semarak dan dinamisnya kehidupan keagamaan di kabupaten lampung barat ini menandakan bahwa warganya memiliki kemauan kuat untuk terus meningkatkan iman dan taqwa-nya kepada Allah SWT.

“Dalam kaitan itulah, pada kesempatan ini, atas nama pemerintah kabupaten lampung barat, kembali mengajak segenap pelaku pembangunan, khususnya kepada majelis-majelis taklim yang terhimpun dalam badan kontak majelis taklim (BKMT) Kabupaten Lampung Barat untuk terus menggalang kerjasama, menyumbangkan pemikiran dan tenaga agar berbagai program pembangunan yang akan kita laksanakan  dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.          

 

Sebagai suatu wadah yang menghimpun, mengarahkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan majelis-majelis taklim  yang ada di kabupaten lampung barat ini agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. ”saya juga berharap, bkmt ini dapat menjadi benteng aqidah dan akhlak masyarakat, sebagai pembina umat serta sebagai perekat ukuwah islamiyah dalam kehidupan masyarakat. disamping itu bkmt dapat menyampaikan pesan moral pembangunan kepada warga masyarakat, sehingga masyarakat secara sadar akan ikut terlibat dalam setiap program dan kegiatan pembangunan yang dijalankan”, tandasnya. Vic/Win

           

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here