BERBAGI
EkstraNews.com – Liwa – Rapat Forum Koordinsasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bersama Dengan Bupati Lampung Barat  Dan Wakil Bupati Lampung Barat Di Ruang Kerja Bupati Lambar Pada Kamis 21 Desember 2017 terkait Pembangunan Lambar di  Era Bupati Lambar Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin.
Dalam rapat tersebut membahas pelaksanaan pembangunan di kabupaten Lambar kedepan dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan yang berpotensi timbul pada masyarakat Lambar berdasarkan Pasal 26 UU no 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah .
Komitmen Pemerintah Kabupaten Lambar kedepan urusan penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di kabupaten Lambar yang  merupakan kewenangan Presiden RI yang juga di laksanakan oleh pimpinan daerah  meliputi Pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalan pancasila , pelaksanaan UUD Negara RI tahun 1945, pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta pemeritahan dan Pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan RI, pembinaaan persatuan dan kesatuan bangsa.
Pembinaan kerukunan antar suku dan intrasuku umat beragama ras dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas keamanan local regional dan nasional. Penanganan konflik social sesuai ketentuan peraturan UU, Koordinasi Pelaksanaan tugas antarinstansi pemerintahan  yang ada  di wilayah daerah provinsi dan daerah kabupaten atau kota untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul  dengan memperhatikan prinsip demokrasi hak asasi manusia pemerataan keadilan keistimweaan dan kekhususan potensi serta keanekaragaman daerah sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang- undang. Pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dan pelaksanaan semua urusan pemerintahan yang bukan merupakan kewenangan daerah dan tidak dilaksanakan oleh instansi vertical.
Selanjutnya pemerataan konflik yang berpotensi timbul menjelang pemilihan Gubernur Lampung, pembahasan issue terorisme yang berpotensi di masyarakatn Lambar serta mendorong pembentukan Forum Koodinasi Kecamatan dalam rangka membantu penyelesain pemerintah umum pada tingkat kecamatan.
Dalam Rapat tersebut Bupati Lampung Barat  Parosil Mabsus meninta dukungan kepada Forkompinda terkait sinergitas dalam pelaksanaan pembangunan 5 tahun Kedepan di era kepemimpinannya bersama dengan Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin untuk mengedepankan koordinasi dan kebersamaan.
Selanjutnya Rapat koordinasi ini sangat penting, karena kita membahas beberapa permasalahan yang telah terjadi di wilayah Lambar. “Mengatisipasi paham radikalisme yang kembali dibangun, kekuatan lewat berbagai kebijakan serta sistem termasuk melalui ajaran agama, organisasi massa dan paham radikalisme lainnya,” ujar bupati.
Ditambahkannya, Permasalahan yang telah dibahas lewat rapat bersama ini tentunya bisa diitindaklanjuti. “Saya harap dengan rapat koordinasi Forkompinda ini bisa menjalin kerjasama, serta saling berkoordinasi dengan baik,” tukas bupati Meski begitu, nanti banyak tentunya kendala yang sering ditemui di lapangan dalam pembangunan nantinya.
Diharapkan dengan penyelenggaraan Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dapat memberikan acuan dan pedoman bagi pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Guberur tahun yang akan datang secara damai, aman, demokratis serta berkualitas di seluruh Lambar.
Untuk itu diharapkan dalam rapat koordinasi tersebut dapat menghasilkan terobosan-terobosan agar apa yang sangat dibutuhkan masyarakat, kesiapan sarana dan prasarana yang harus segera diperbaiki.
Di samping itu, bupati  juga meminta agar diberikan titik koordinat rencana pembangunan sehingga memudahkan koordinasi dengan OPD maupun masyarakat di daerah masing-masing nantinya
Dalam rapat tersebut selain Bupati Dan Wakil Bupati Lambar juga di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Lambar Edi Novial S.Kom, Dandim 0422 Lambar Letkol.Inf. Iskandar SH M.Han, Kapolres AKBP Tri Suhartanto, S.Ik, Kepala Kejaksaan Negeri Liwa M. Mansur, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Liwa Ahmad Samuar, S.H., Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH,  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Asisten  Bidang perekonomian  Dan Pembangunan Ir Natadjudin Amran MM., serta kabag Humas Dan Protokol Surahman S.I.P., M.M., dan Kabag Pemrintahan Dan Otda Yudha Setiawan S.I.P. Vic / Win

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here