BERBAGI
EkstraNews.com – PANARAGAN–Curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu sepekan terakhir, mengakibatkan areal persawahan dan kolam ikan milik Badan usaha milik tiyuh(BUMT) yang berada di Rk 5 Tiyuh Gedung Ratu, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang barat trendam banjir.
Ratusan hektar persawahan Petani serta kolam ikan milik BUMT Tiyuh setempat, terancam gagal panen diperkirakan petani akan mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.
Dikatakan Mursalin selaku kepala Tiyuh setempat, intesitas hujan yang tinggi
mengakibatkan, naiknya debit airsungai gemol sehingga meluap ke persawah warga serta kolam ikan milik BUMT.
“Karena diguyur hujan dalam kurun waktu sepekan trakhir membuat airsungai gemol meluap, merendam ratusan hektar padi petani dan kalam ikan milik BUMT kami,”ujar Mursalin, minggu (17/12).
Sudah hampir empat hari lanjut dia air luapan dari sungai gemol tersebit tidak kunjung surut, kata Mursalin berbagai jenis ikan yang ditebarkan di enam kolam ikan milik BUMT setempat namun semuanya hilang tak terbekas, jenis ikan yang ditebar yaitu ikan Nila, Patin, dan ikan Mujair.
“Tidak mampu menahan derasnya air sehingga tanggu pembatas kolam yang kami bikin jebol, sehingga ikan yang kami tebar dikolam tersebut hilang semua. Saya selaku kepaloTiyuh Gedung ratu dan mewakili masyarakat, berharap penuh kepada pihak pemerintah daerah Kabupaten Tubaba khususnya kepada Dinas Pertanian, agar dapat membantu masyarakat dengan adanya musibah tersebut. agar dapat memberikan bibit, dan pupuk sehingga masyarakat dapat kembali menanam areal persawahan para petani,”harapnya dan masyarakat. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here