BERBAGI
Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Tulang Bawang melaksanakan apel bulanan personel Bhabinkamtibmas (bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) hari Rabu (31/01/2018) pukul 10.00 WIB di halaman apel Mapolres Tulang Bawang.
Apel bulanan personel bhabinkamtibmas ini diambil langsung oleh Wakapolres Tulang Bawang Kompol Djoni Aripin, S.Sos, MM dan diikuti oleh 144 personel bhabinkamtibmas yang ada di polsek jajaran Polres Tulang Bawang.
Wakapolres dalam amanatnya mengatakan bahwa bhabinkamtibmas adalah garda terdepan dari Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan menjadi kebanggaan dari pimpinan Polri.
“Sebagai garda terdepan dari Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan menjadi kebanggan dari pimpinan polri hendaknya lebih maksimal dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, kedepankan penyelesaian masalah yang terjadi di masyarakat dengan rembug kampung / musyawarah, jangan ada lagi anggota yang berperilaku arogan kepada masyarakat, berikan pelayanan yang mengutamakan 3S (senyum, sapa dan salam) sehingga masyarakat menjadi lebih senang dan tidak ada jarak pemisah antara polri dengan masyarakat”, ujarnya.
Wakapolres menjelaskan, kepada personel bhabinkamtibmas yang telah mendapatkan kendaraan dinas agar dirawat dengan sebaik-baiknya dan gunakan kendaraan tersebut sebagai kendaraan operasional sehari-hari dalam melaksanakan tugas.
“Rawat dengan sebaik-baiknya kendaraan operasional yang telah rekan-rekan dapatkan, anggaplah kendaraan tersebut merupakan kendaraan pribadi milik rekan-rekan, apabila ada kerusakaan segera dilakukan perbaikan, cek secara berkala mulai dari oli, ban, rem dan spare part kendaraan rekan-rekan karena kendaraan tersebut adalah kendaraan operasional yang diberikan oleh institusi polri kepada rekan-rekan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dilapangan”, jelasnya.
Kompol Djoni Aripin menerangkan, anggota bhabinkamtibmas yang memakai senjata api agar berhati-hati dalam menggunakan dan dalam menyimpannya terutama saat sedang berada di rumah masing-masing.
“Jangan ada lagi personel polri yang menyalahgunaan senjata api, gunakan senjata api sesuai dengan prosedur dan sebagai tindakan terakhir, jangan digunakan sebagai ajang pamer-pameran kepada warga masyarakat karena sekarang bukan zamannya lagi, serta hat-hati dalam menyimpan senjata api di rumah karena sudah banyak kejadian akibat lalai dalam menyimpannya, senjata api tersebut diambil oleh anak-anak dan mengakibatkan korban jiwa dari keluarga anggota polri”, terangnya.
“Rekan-rekan yang telah dipilih dan ditunjuk menjadi anggota bhabinkamtibmas harusnya merasa bangga apalagi kedepannya selain menjadi prioritas dalam mengikuti pendidikan pengembangan, kesejahteraan anggota bhabinkamtibas semakin diperhatikan, sekarang dari Pemda Kab. Tulang Bawang dan Kab. Tulang Bawang Barat sudah menganggarkan uang tambahan untuk personel bhabinkamtibmas yang ada di wilayah hukum Polres Tulang Bawang”, tandasnya.(Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here