BERBAGI

Panwaslu Kota Bandar Lampung kembali mengusut temuan salah satu ASN di Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bandar Lampung yang berfoto bersama salah satu bakal calon wakil gubernur di Pilkada.

Ketua Panwaslu Bandar Lampung, Candrawansah menilai hal ini merupakan salah satu dugaan pelanggaran netralitas ASN sesuai dengan Surat Edaran Menteri PAN-RB Republik Indonesia terkait pelaksanaan netralitas bagi ASN pada penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018, pemilihan legistlatif tahun 2019 dan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 tertanggal 27 Desember 2017.

“Padahal beberapa waktu yang lalu kami sudah mengeluarkan peringatan dini sebagai upaya pencegahan kepada seluruh ASN di Bandar Lampung melalui Sekretaris Daerah sebanyak 2 kali, karena dijelaskan salah satu pelanggaran netralitas ASN yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB yang salah satunya adalah larangan ASN foto bersama dengan bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah dengan mengikuti simbol tangan/gerakan yang digunakan sebagai bentuk keberpihakan,” urai Candra.

Sementara itu, Yahnu Wiguno Sanyoto Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Bandar Lampung mengatakan akan memanggil Kasman selaku Kepala Bidang di Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bandar Lampung yang dijadwalkan pada hari Jumat (12/1/2018) ini.

“Panwaslu sudah menyampaikan undangan klarifikasi kepada yang bersangkutan untuk dimintai keterangan, Tentunya ini menjadi pembelajaran kepada ASN lainnya agar mematuhi kode etik PNS,” jelas Yahnu.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here