BERBAGI

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membuka sekaligus memimpin rapat kordinasi Kepala Desa se – Kabupaten Pesawaran di ruang GSG Pemerintah setempat, Jumat (19/1/2018).

Menurut Bupati, Banyak harapan yang dapat disampaikan pada penyelenggaraan rakor ini. Seperti yang kita harapkan, Rapat Koordinasi Kepala Desa ini merupakan  bentuk komunikasi sinergi untuk Pelaksanaan Pemerintahan yang Optimal yaitu Pelayanan Kepada Masyarakat, dan sebagai fasilitasi permasalahan yang ada di desa dengan Dinas/Badan/Kantor terkait. Oleh karena itu saya sampaikan kepada seluruh Kepala Desa se-Kab. Pesawaran agar dapat berperan aktif mengikuti jalannya Rapat Koordinasi ini.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran mempunyai visi dan misi untuk meningkatkan kemandirian lokal melalui peningkatan BUMDes disetiap desa diseluruh wilayah Kabupaten Pesawaran. Oleh karena  itu, saya mempunyai komitmen yang tinggi untuk meningkatkan pembangunan desa melalui BUMDes untuk mengelola seluruh potensi kekayaan desa yang dimiliki dalam rangka “mewujudkan desa tangguh dan mandiri”.

Kita patut bersyukur bahwa seluruh desa diwilayah Kabupaten Pesawaran telah membentuk BUMDes. Sehubungan dengan  hal itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran mendorong pengembangan BUMDes dengan membuka akses bantuan dari Pemerintah Pusat bagi beberapa desa yang secara kelembagaan dapat diberikan bantuan. Bantuan tersebut antara lain diberikan kepada BUMDes Mulya Jaya Desa Mulyo Sari, BUMDes Maju Jaya Desa Sukajaya Punduh, BUMDes Ramaksa Desa Sungai Langka yaitu sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima puluh juta rupiah).

Direncanakan bagi desa yang mampu mengelola BUMDesnya dengan baik, pemerintah daerah akan memberikan penghargaan “BUMDes award”. Sebagai “trial” pemerintah desa telah memberikan penghargaan bagi desa yang secara kepatuhan, telah menjadi desa yang baik dalam merealisasikan pajak PBB berupa bantuan stimulus keuangan ke BUMDes melalui GADIS (Gerakan Desa Ikut Sejahtera).

Sejalan dengan hal itu, dalam rangka mendorong dan menguatkan BUMDes, pada tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Pesawaran kembali menggulirkan bantuan stimulan keuangan bagi desa melalui program GADIS untuk 44 desa dengan bantuan senilai Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah). Saya menghimbau bagi desa yang akan mendapatkan program GADIS agar segera menyiapkan persyaratan dalam memperoleh program tersebut. Dan kepada Kepala Desa saya minta untuk menyiapkan Rencana Bisnis Desa, sehingga bantuan yang diberikan menjadi terarah dan berhasil guna.

Beberapa hal pokok yang ingin saya sampaikan pada kesempatan rakor ini, antara lain :

1. Kepada Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) untuk melakukan fasilitasi dan pembinaan Aparatur Desa Khususnya para Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

2. Kepada Inspektorat dan Camat untuk mengawal dan mengawasi pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan tujuan agar penggunaan Dana tersebut sesuai dengan peruntukannya, lakukan pembinaan dan pengawasan setiap triwulan dan penyampaian Surat Pertanggungjawaban (SPJ) tepat pada waktunya.

3. Dalam hal program Beras Kesejahteraan (Rastra) diminta kepada Seluruh Kepala Desa bersama Bagian Perekonomian untuk senantiasa berhati-hati dalam hal Pendistribusiannya, jangan sampai program tersebut disalahgunakan, berikan Rastra kepada masyarakat yang berhak menerimanya berdasarkan hasil pendataan oleh aparatur desa.

4. Diminta Dinas PU-Pera (PU Perumahan Rakyat) bersama Kepala Desa agar melakukan pendataan terhadap Masyarakat fakir-miskin, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dan rumah-rumah tidak layak huni sebagai bentuk follow up daerah terhadap program Nasional sejuta Rumah.

5. Dalam pembuatan e-KTP dan KK, agar seluruh Kepala Desa bersama Disdukcapil untuk transparan dan mempermudah dalam proses pembuatannya, sehingga masyarakat miskin khususnya dapat mengakses semua pelayanan dasar pemerintah yang mensyaratkan data kependudukan tersebut.

6. Dalam hal penerimaan PBB Bapenda berkoordinasi dengan Kepala Desa agar aktif melakukan penagihan kepada masyarakat wajib pajak dan dapat menyetorkan uang hasil pemungutan PBB kepada UPTD.

7. BPBD sebagai leading sector pencegahan dan mitigasi (penanggulangan) bencana di daerah, diminta bersama-sama dengan Camat, Pemerintah Desa, dan masyarakat untuk berperan aktif mengaplikasikan amanat Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.  Kesiap-siagaan dalam pencegahan dan mitigasi bencana alam seyogyanya dilakukan bukan hanya pasca terjadinya bencana, tetapi dilakukan secara kontinyu sebelum bencana terjadi serta berkembang (metode pencegahan dan penanggulangannya) seiring dengan situasi dan kondisi aktual di lapangan.

8. Merujuk kepada UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Kepada seluruh Kepala Desa untuk mengingat kembali paradigma Desa Membangun, yang bermakna desa bukanlah “objek” pembangunan melainkan “subjek” dari pembangunan.  Sejalan dengan kenyataan tersebut, saat ini desa dihadapkan pada pertarungan dengan korporasi modal besar. Dan BUMDes adalah salah satu jalan untuk menjawab tantangan tersebut yang dapat menggerakkan laju perekonomian desa. Diminta kepada Diskoperindag untuk mendorong pembentukan dan penguatan BUMDES dan BUMADES di desa se-Kabupaten Pesawaran.

9. Untuk mendukung penggunaan APBDes yang akuntabel, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah Kepala Desa dalam merencanakan, menetapkan, dan mempertanggungjawabkan penggunaan DD, ADD, dan penerimaan APBDes lain yang sah.  Pemerintah melalui BPKP merespon kebutuhan tersebut dengan membuat Siskeudes atau SIMDA Desa. Diminta kepada BPKAD untuk berkoordinasi dengan BPKP dalam pengaplikasiannya di seluruh desa se-Kabupaten Pesawaran.

10. Diminta kepada Diskominfo untuk melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi jaringan internet guna mendukung kinerja Pemerintahan Desa dan sistematika pelaporannya melalui aplikasi Siskeudes.

Hadir pada rakor Kepala Desa Se – Kabupaten, Staf Ahli Bupati, asisten I, para Kepala OPD, Camat se – Kabupaten Pesawaran, Kepala Desa se – Kabupaten .Pesawaran. Sedangkan nara sumber
komisaris non independen  PT.Bank Lampung Zaidi rina SE.M.Si.  ( ADVERTORIAL )

Keterangan Foto,1. 148 Kepala Desa saat mendengatkan arahan Bupat Pesawaran

2. Bupati Dendi saat memberi arahan kepada seluruh Kepala Desa se – Kabupaten Pesawaran

3.Bupati saat bersama Forkompinda

4. Bupati saat menyanyikan indonesia raya .(gbr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here