BERBAGI

Jelang verifikasi faktual oleh KPU 29-30 Januari mendatang, dua partai politik PDIP dan PAN mengaku sudah sangat siap.

Wakil Ketua DPD PDIP Bidang Politik Hukum dan Keamanan Watoni Noerdin menyatakan, partai besutan Megawati Soekarno Putri itu siap untuk dilakukan verifikasi faktual.

“Kalau PDIP siap di verifikasi, baik kepengurusan, keanggotaan, keterwakilan perempuan dan kepemilikan kantor. Bahkan, keterwakilan perempuan di PDIP melebihi 30 persen,” jelas Watoni kepada Portallampung.co, Sabtu (27/1/2018).

Dia menjelaskan, untuk jadwal verifikasi faktual, DPD PDIP Lampung akan dilaksanakan pada Selasa (30/1/2018) mendatang. Pada verifikasi faktual tersebut, seluruh pengurus DPD PDIP Lampung akan hadir langsung.

“Jadwalnya kan dari 28 sampai 30 Januari, tapi kami memilih di tanggal 30-nya. Yang rencananya akan dihadiri oleh seluruh pengurus,” terangnya.

Senada terpisah, Wakil Ketua BPOKK DPW PAN Lampung Agus Bhakti Nugroho mengaku aman dan sudah menyiapkan segaka sesuatunya jelang verfak 29 Januari mendatang. “PAN sudah aman. Artinya sudah tidak ada kendala apapun untuk verfak,” jelas Agus.

Adapun 12 parpol yang akan diverifikasi faktual yakni, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Golkar. Kemudian, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menjadwalkan pelaksanaan verifikasi faktual bagi 12 partai politik peserta Pemilu 2014.

Komisioner KPU Lampung Bidang M Tio Aliansyan menjelaskan, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), verifikasi faktual harus dilakukan bagi seluruh partai politik, baik peserta pemilu 2014 atau partai politik baru.

“MK sudah memutuskan kalau semua parpol harus dilakukan verifikasi faktual, baik yang sudah pernah jadi peserta pemilu ataupun yang belum semua disetarakan,” jelas Tio.

Dia menjelaskan, untuk tingkat provinsi, pelaksanaan verifikasi faktual tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai 28 hingga 30 Januari 2018. Akan tetapi, KPU Lampung akan melaksanakan verifikasi pada Senin (29/1) dan Selasa (30/1/2018).

“Pelaksanaannya secara teknis tiga hari, tapi verifikasi akan dilakukan pada Senin dan Selasa,” ujarnya.

Untuk tingkat kabupaten/kota, pelaksanakan verifikasi faktual akan dilaksanakan pada 30 Januari hingga 1 Februari mendatang. Dia menjelaskan, setelah verifikasi faktual dilaksanakan, akan langsung diumumkan hasilnya. Sehingga, dapat langsung dilaksanakan perbaikan, bagi partai politik yang belum memenuhi syarat.Kemudian, penetapan partai peserta pemilu 2019 akan diumumkan KPU pada 17 Februari mendatang.

“Tanggal 31-nya langsung diumumkan hasilnya. Kemudian perbaikan berkas pada 1 Februari mulai perbaikan berkas. Karena 17 Februari sudah pengumuman,” jelasnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here