BERBAGI
  Garda (Garuda Muda) Pemuda Wonokryo asal Pekon Wonodadi gulirkan banyak program unggulan. Organisasi kepemudaan asal dusun Wonokryo ini merupakan organisasi pemuda untuk menyalurkan kreatifitas dibidang kesenian, pendidikan, olahraga, dan kegiatan sosial.
Ketua Garda Pemuda Wonokryo Endar Rika Yulianto mengatakan konsep yang dia jalankan adalah pemberdayaan dari warga dikembalikan dengan program kerja pemuda dan masyarakat itu sendiri. Dimana, kata Endar, pihaknya telah menggulirkan program jimpitan koin.
“Mulai tahun 2017 yang lalu kami gulirkan program jimpitan koin yang diambil saat ronda. Dimana setiap malam Minggu pemuda yang ronda akan mendatangi rumah – rumah warga dengan mengambil koin yang telah disediakan warga. Selanjutnya, koin yang terkumpul digunakan untuk kegiatan pemuda dan juga masyarakat,”  ujarnya.
Dia melanjutkan, adapun contoh realisasi dari terkumpulnya koin tersebut adalah pemasangan lampu jalan.
“Dulu sebagian badan jalan gelap, namun berkat adanya lampu jalan hasil program jimpitan tadi dan digunakan untuk pemasangan lampu jalan sekarang jalan menjadi terang,” Ungkapnya.
Selain itu, kata Endar Rika Yulianto Garda Pemuda Wonokryo telah merintis program kampung Demokrasi. Kegiatan yang digagas berawal dari diskusi terbatas pemuda ini bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu yang diadakan pada bulan April tahun 2017 yang lalu.
Endar Rika Yulianto mengatakan tujuan dirintisnya Kampung Demokrasi untuk memberikan pemahaman masyarakat tentang demokrasi dan kepemiluan, meningkatkan partisipasi pemilih serta memberikan ketrampilan kepada calon penyelenggara pemilu tentang pelaksanaan tahapan pemilu.
Selain itu, kata Endar, Garda Pemuda Wonokryo memiliki program Gerobak Pustaka yaitu memberikan pinjaman buku gratis kepada masyarakat. “Gerobak Pustaka selalu stay di area Nggruput setiap Minggu pagi dengan menawarkan buku untuk dibaca secara gratis,” katanya.
Endar Rika Yulianto mengatakan untuk tahun ini pihaknya fokuskan pada program pembenahan manajemen, baru tahun depan mulai bergerak di bidang ekonomi.
“Setahun kedepan manajemen kita matangkan, tahun selanjutnya fokus bidang usaha ekonomi produktif (UEP),” tutupnya.(Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here