BERBAGI
 Kelompok masyarakat sadar wisata (pokdarwis) Talang Indah Pajaresuk dan Bukit Pangonan dikukuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Sabtu (27/1). Selain pengukuhan pokdarwis, acara tersebut sekaligus harlah ke Р2 Talang Indah Pajaresuk dan Bukit Pangonan.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemuda, Olaharaga dan Pariwisata (Disporpar) Pringsewu Samsir Kasim mengatakan Talang Indah Pajaresuk merupakan satu dari 14 tujuan wisata di Bumi Jejama Secancanan.
¬†“Selain Talang Indah Pajaresuk, yang akan menjadi andalan wisata lainnya adalah Telaga Gupit,” ujar Samsir.
Samsir Kasim mengatakan dengan adanya kelompok sadarwisata tujuannya untuk mengelola dengan mengedepankan tujuh sapta pesona.
Yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Disamping itu dia berharap pokdarwis mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah.
Dia mengaku, Pemerintah Kabupaten Pringsewu selalu mendukung penuh adanya destinasi wisata di Pringsewu, khususnya Talang Indah Pajaresuk. “Kami selalu mendukung adanya tempat wisata ini, sebagai contoh kami telah mengupayakan pembangunan gedung kesenian ke pemerintah pusat yang saat ini sudah terealisasi,” pungkasnya.
Dia berharap, kehadiran Talang Indah Pajaresuk mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. “Melalui adanya Talang Indah Pajaresuk diharapkan mampu menyerap tenaga kerja masyarakat untuk berjualan menjaga lahan parkir dan lainnya,” ujarnya.
Ketua pokdarwis Talang Indah Pajaresuk dan Bukit Pangonan Suratmin mengaku semenjak dikelola dengan masyarakat Kelurahan Pajaresuk, kini Talang Indah Pajaresuk dan Bukit Pangonan semakin berkembang dan semakin banyak masyarakat luar dari Pringsewu yang datang untuk mengunjungi.
“Alhamdulillah semenjak warga dikelola warga, tempat ini semakin berkembang dan banyak wisatawan yang berkunjung. Sehingga bisa mendatangkan rezeki warga sekitar untuk berjualan di lokasi wisata ini,” pungkas Suratmin.
Suratmin mencatat saat ini ada sekitar 50 – 60 pedagang yang berjualan di Talang Indah Pajaresuk dan Bukit Pangonan. Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan untuk 15 anak yatim, 10 orang jompo dan 5 mushola.(Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here