BERBAGI

“Kamu jurusan sastra? Mau kerja apa?”

Buat kamu yang mengambil program studi Sastra di bangku kuliah, pertanyaan itu pasti sering kamu dengar. Beberapa orang mungkin bisa menanggapi dengan santai. Namun, semakin jauh melangkah, rasa khawatir pun perlahan hadir tentang apa yang akan kamu kerjakan setelah lulus dari pendidikan ini.

Tenang saja, lulusan dari sastra bukan berarti kamu harus jadi Chairil Anwar kedua lho! Banyak lapangan pekerjaan yang mulai melirik jobseekers lulusan sastra. Berikut beberapa prospek kerja lulusan sastra yang bisa kamu pertimbangkan.

Jurnalis

Di beberapa jurusan sastra, mahasiswanya tidak hanya diminta menekuni kalimat-kalimat puitis saja, ternyata ada juga yang dibekali dengan kemampuan jurnalistik. Mereka yang mendapatkan ilmu ini dituntut untuk memproduksi berita sendiri. Mulai dari mencari, menyusun, hingga mempublikasikan berita.

Profesi jurnalistik ini sangat cocok untuk kamu anak sastra yang menyukai dunia media. Lapangan kerja untuk seorang jurnalis juga cukup luas. Kamu bisa memilih terjun ke dunia penerbitan maupun pertelevisian.

Penerjemah

Mempelajari bahasa selama bertahun-tahun tentu meningkatkan kemampuan berbahasa seseorang. Untuk kamu para lulusan sastra asing, penerjemah merupakan pilihan yang tepat untuk berkarier. Jika kamu memilih menjadi penerjemah, tingkatkan kemampuanmu dan jadilah penerjemah profesional. Terjemahan para penerjemah profesional umumnya akan dihargai tiap karakternya, termasuk tanda baca juga, lho!

Penulis

Banyak mendalami seni bahasa adalah salah satu alasan para penulis dari jurusan sastra memiliki gaya bahasa yang berkarakter. Daya imajinasi mereka pun cenderung luas karena banyak mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan diri semasa kuliah.

Editor

Untuk memimalisir kesalahan penulisan, baik typo maupun penggunaan tanda baca, seorang editor tentunya harus menguasai aturan suatu bahasa. Para lulusan sastra, umumnya dianggap sudah mahir menggunakan bahasa tertentu baik secara lisan maupun tulisan. Inilah mengapa kebanyakan perusahaan memasukan lulusan sastra sebagai kualifikasi kandidat mereka.

Pengajar

Memang jurusan sastra sedikit berbeda dengan mereka yang mempelajari bahasa di jurusan pendidikan, tapi bukan berarti lulusan sastra tidak bisa terjun ke dunia pendidikan lho.

Pada beberapa universitas, jurusan sastra masih diberi pilihan untuk menerima pembekalan dasar mengenai dunia pendidikan. Tidak melulu guru, beberapa lulusan sastra juga membagi ilmu mereka mulai dari menjadi dosen hingga tutor pribadi.

Staf kedutaan

Menjadi bagian dari suatu kedutaan sudah tidak lagi terbatas untuk lulusan hubungan internasional. Pihak kedutaan kini sudah memberikan peluang yang sama untuk kamu lulusan sastra.

Untuk menjadi staf kedutaan, kamu cukup menekuni dua atau tiga bahasa asing hingga fasih, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan memperkaya pengetahuan politik.

Tour Guide

Pekerjaan ini akan jadi sangat menyenangkan untuk kamu yang suka traveling. Kamu bisa menambah penghasilan sekaligus keliling dunia, Sobat.

Kemampuan menerjemahkan yang kamu dapat, bisa kamu gunakan secara lisan di bidang pariwisata ini untuk memandu para wisatawan berlibur. Ini akan jadi poin lebihmu untuk tingkatkan prospek kerja lulusan sastra sebagai tour guide.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here