BERBAGI
 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, telah mematangkan segala persiapan menjelang terwujudnya Bandara Radin Inten II dengan embarkasi haji penuh.
Hal tersebut menyusul isyarat dari Kementrian Agama yang berjanji segera akan menjadikan bandara Radin Inten II sebagai bandara embarkasi haji penuh.
Menurut Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, meskipun jadwal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bersama pemerintah pusat terhitung sangat padat. Tidak menutup kemungkinan Presiden Jokowi akan kembali datang ke Lampung guna mewujudkan apa yang sudah terpenuhi.
“Tentunya Bapak Presiden memiliki banyak agenda. Insya Allah dalam tahun ini bisa segera terlaksana. Pemerintah juga hingga saat ini terus melakukan banyak persiapan,” ujar Gubernur Ridho, Selasa (30/1).
Kata Gubernur Ridho, meski Lampung akan memasuki pesta demokrasi di bulan Juni 2018 mendatang, Plt Gubernur Lampung yang nanti menjabat, juga akan ikut mematangkan persiapan menuju embarkasi haji penuh.
“Jadi tidak ada masalah, mungkin dalam situasi mendatang meski dipegang Plt gubernur, tujuan Pemprov Lampung akan terus berjalan untuk mewujudkan embarkasi haji penuh,” ungkap Gubernur Ridho.
Sebelumnya, Kementerian Agama RI, mendukung penuh agar Bandara Radin Inten II di tahun 2018 bisa menjadi bandara embarkasi haji penuh.
Bahkan awal tahun ini, Kemenag akan mengirim tim untuk mengecek kesiapan Bandara Radin Inten II untuk naik kelas dari bandara embarkasi haji antara jadi embarkasi penuh.
Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag)Lukman Hakim Syaifuddin saat mengunjungi Asrama Haji Provinsi Lampung di Rajabasa beberapa waktu lalu.
“Terkait perubahan status Bandara Radin Inten menjadi embarkasi haji penuh di tahun 2018 tentu itu akan kita cermati. Kita akan kirim tim khusus untuk melakukan visitasi untuk melihat apakah segala persyaratan yang harus dipenuhi itu betul telah dipenuhi oleh Lampung,” ujar Menag Lukman.
Jika nantinya semua persyaratan menjadi embarkasi haji penuh sudah terpenuhi, maka Menag akan merekomendasikan peningkatan status. “itu agar disahkan oleh presiden secara langsung,” kata Menag Lukman. (Bri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here