BERBAGI

TULANG BAWANG – Selain kaya dengan sumber daya alamnya yang subur, Kabupaten Tulangbawang juga menyimpan berbagai potensi wisata yang melekat dengan nilai-nilai sejarah. Maklumlah daerah ini sepanjang sejarahnya  merupakan jalur perdagangan dan perekonomian, lebih dari itu daerah yang mempunyai trah leluhur dari kejayaan Kerajaan Tulangbawang.

Beranjak dengan itulah, potensi wisata yang ada di Kabupaten Tulangbawang tinggal menunggu sentuhan tangan-tangan kreatif berupa kebijakan dari tonggak kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang. Harapan demi harapan untuk mengangkat sektor wisata, sekaligus mempromosikan potensi wisata yang dimiliki daerah Sai Bumi Nengah Nyappur ini, nampaknya kini akan berbuah menjadi kenyataan.

Hal itu lantaran dibawah kepemimpinan Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, SE.MH dan Wakil Bupati Tulangbawang Hendriwansyah yang mengusung jargon perubahan, telah merancang serta memprogramkan peningkatan di bidang kepariwisataan tersebut.

Sebut saja seperti diantaranya pada kawasan Cakatraya Menggala, yang pada era kepemimpinan Tulangbawang sebelumnya yakni saat bupati Abdurachman Sarbini, telah dibangun kawasan wisata dengan didirikan miniatur rumah-rumah adat dari berbagai suku, yang melambangkan keberagaman etnis yang ada di Kabupaten Tulangbawang.

Bangunan bernilai wisata lainnya terdapat Sesat Agung terletak di Jalur Jl. Lintas Timur  Sumatera, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang. Di kompleks bangunan ini disamping disiapkan ‘sesat’ yang merupakan bangunan pelataran untuk bermusyawarah adat (Pepung), kemudian bangunan rumah-rumah empat marga, masing-masing adalah Tegamo’an, Buay Bulan, Suway Umpu dan Buay Aji. Bakan dilengkapi pula dengan Museum Tulangbawang.

Salah seorang tokoh masyarakat, Darmawi mengatakan, banyak nilai budaya dan seni yang patut dikembangkan atas tersedianya bangunan Sesat Agung itu.”Selama ini seperti bangunan Museum Tulangbawang telah berdiri kokoh, namun sayangnya kurang perawatan dan belum dikembangkan,” ujarnya. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here