BERBAGI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus melanjutkan verifikasi faktual partai politik (parpol). Dihari terakhir pelaksanaan verifikasi, Kamis (1/2/2018) KPU mendatangi kantor 12 parpol, yakni PDIP, Golkar, Demokrat, Hanura, PPP, PBB, NasDem, PKB, Gerindra, Garuda, Bekarya, dan Garuda. Hingga pukul 17.00 WIB, tim KPU sudah memverifikasi 11 parpol.

Komisioner KPU Tanggamus, Zulwani mengatakan, dari 11 parpol yang sudah diverifikasi faktual hingga pukul 17.00 WIB, secara keseluruhan bisa dikatakan memenuhi syarat (MS).

“Hingga pukul 17.00 WIB masih berlangsung verifikasi faktual, terakhir partai Hanura. Dan berdasarkan verifikasi tersebut sebagian besar parpol sudah memenuhi syarat, seperti PDIP, NasDem, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP dan PKB, kalau untuk parpol lainnya saya belum bisa berkomentar sebab belum menerima laporan dari tim. Dan untuk hasil resminya diumumkan dalam berita acara pleno yang digelar Jumat (2/2/2018) ini,”kata Zulwani yang di temui usai melakukan verifikasi faktual di kantor DPC PDIP Tanggamus, Kamis (1/2/2018) petang.

Parpol yang dinyatakan MS tersebut lanjut, Zulwani, tim KPU memberikan sejumlah catatan, misalnya keterwakilan peremuan anggota yang belum semuanya hadir. “Catatannya hanya itu saja, kalau KTA dengan e-KTP sudah sesuai begitu juga dengan alamat kantor. Kalau keputusan finalnya besok waktu pleno nanti disitu diumumkan mana parpol yang MS dan mana parpol yang belum MS,”kata dia.

Lalu bagi parpol yang belum dinyatakan MS, maka akan dilakukan perbaikan. “Untuk perbaikan kita beri waktu tiga hari terhitung tanggal 3-5 Februari 2018,” kata Zulwani.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Sekretariat DPC PDIP Tanggamus, tim verifikasi faktual KPU Tanggamus tiba di Kantor PDIP Tanggamus sekitar pukul 15.44 WIB, tim KPU tersebut terdiri dari Antoniyus, Zulwani dan Angga Lazuardi, kemudian Ketua Panwaslu Kabupaten Tanggamus Dedi Fernando. Lalu dari jajaran kepengurusan PDIP nampak hadir Ketua DPC PDIP Tanggamus Burhanuddin Noer, Sekretaris Hj. Dewi Handajani, Wakil Ketua Heri Agus Setiawan sementara untuk Bendahara Yulistina berhalangan hadir karena sedang sakit.

Komisioner KPU Tanggamus, Antoniyus mengatakan bahwa verifikasi faktual yang dicermati yakni alamat kantor, kepengurusan parpol ketua, sekretaris, Bendahara, sampel anggota lima persen dan keterwakilan perempuan.

“Karena bendahara tidak bisa hadir dengan alasan sakit maka kami akan melakukan video call untuk memastikan bahwa Yulistina ini benar-benar bendahara PDIP, ternyata memang benar,”kata Antoniyus.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh maka, KPU Tanggamus menyatakan DPC PDIP Tanggamus memenuhi syarat (MS).

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Tanggamus Burhanudin Noer mengucapkan terimakasih kepada Komisioner KPU dan Panwaslu yang sudah melakukan verifikasi faktual. “Ini sudah ketetapan, maka partai politik wajib memenuhinya, alhamdulillah dinyatakan MS, kami ucapkan terimakasih kepada KPU dan Panwaslu, mohon maaf jika sambutan dari kami kurang berkenan,” katanya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here