BERBAGI

SUKA kut kegiatan mengabdi untuk masyarakat? Atau suka ikut acara amal? Dari kegemaran kamu terlibat dalam aksi membantu sesama ini, kamu bisa menentukan kariermu, lho. Kegiatan-kegiatan di atas menggambarkan seseorang yang tertarik dengan dunia sosial. Biasanya, orang yang memiliki minat di bidang ini suka melakukan aktivitas yang berorientasi pada pelayanan publik, dan memungkinkan mereka untuk memberi bantuan atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Berikut ini pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu.

Guru

Menjadi pengajar akan memberimu kesempatan untuk berbagi ilmu kepada banyak orang. Dengan menguasai satu atau lebih mata pelajaran, kamu bisa membantu puluhan bahkan ratusan anak untuk mengejar cita-citanya.

Tidak hanya membina siswa secara akademik, seorang guru juga diharapkan untuk dapat membangun siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk dapat melakukannya, guru harus terampil dan cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam hubungan antar pribadi. Hal ini dapat diperoleh dengan melakukan kegiatan sosial lain seperti yang kamu lakukan selama ini.

Pengacara

Pelayanan sosial dan dunia hukum memiliki hubungan erat karena hukum pada dasarnya diciptakan untuk menciptakan kehidupan sosial yang teratur. Oleh karena itulah, kepribadian kamu yang berjiwa sosial tinggi cocok untuk terjun ke bidang ini. Salah satu profesi yang bisa kamu pilih di bidang ini adalah pengacara.

Tugas pengacara adalah memberikan bantuan dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan hukum bagi setiap kalangan di masyarakat. Bantuan yang diberikan di sini tidak selalu menuntut kamu jadi pengacara di meja hijau, lho. Di luar negeri, beberapa keluarga memiliki pengacara pribadi untuk membantu mengurus semua keperluan keluarga yang berurusan dengan hukum, seperti surat kepemilikan harta, bahkan surat wasiat.

Konselor

Untuk kamu yang suka aktivitas sosial ditambah mendengarkan keluhan orang lain, konselor adalah pilihan pekerjaan yang tepat. Salah satu syarat menjadi seorang konselor yang handal adalah punya kemampuan berempati dan bersimpati. Kamu yang suka aktivitas sosial umumnya memiliki kemampuan itu lebih dari yang lain.

Di profesi ini kamu akan banyak mendengarkan orang lain dan berdiskusi dengan mereka untuk memecahkan suatu masalah. Kamu bisa membantu mengurangi gangguan emosional seseorang dengan saran yang kamu berikan.

Project Officer

Orang yang tertarik pada aktivitas sosial juga sesuai untuk mengisi posisi project officer. Apa sih project officer? Project officer sering disebut sebagai pimpinan kelompok dalam menjalankan suatu pekerjaan atau proyek. Pimpinan ini punya tanggung jawab dan kewenangan atas kelompok yang dipimpinnya dengan selama suatu proyek berlangsung.

Seorang pemimpin dengan jiwa sosial tinggi akan lebih mudah membangun komunikasi dengan kelompok maupun klien. Dengan komunikasi yang baik dan sifat melayani, kepemimpinannya akan lebih dihargai dan di hormati oleh orang-orang disekitarnya. Inilah mengapa kamu yang suka aktivitas sosial cocok menekuni profesi ini.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here