BERBAGI

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) mengklaim telah melahirkan bus listrik rakitan nasional, yakni Maxvel. Selain rakitan nasional, bus ini juga diklaim mampu melaju hingga 300 km.

Seperti yang disampaikan Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia, Ing Gunadi Sindhuwinata, yang ikut merasakan impresi pertama bus listrik itu. Dengan mengatakan bus listrik Maxvel bisa berlari hingga 300 km hanya dengan sekali pengisian baterai selama tiga jam.

“Bisa berlari 250 km/jam sampai 300 km/jam, hanya dibutuhkan waktu 3 jam untuk bisa mengisi baterai secara penuh, dan bisa mencapai jarak tempuh sampai 300 km,” ujarnya.

Untuk saat ini, Maxvel sedang diuji jalan dari Jakarta hingga Surabaya. Sebelumnya, Maxvel sudah diuji jalan juga namun hanya jarak dekat saja.

“Sekarang menuju ke Jawa Timur, sebelumnya sudah dilakuakn ribuan km jarak dekat, pertama road test, artinya cuma masuk ke Kota terus balik, terus dilakukan uji jalan ribuan km, sekitaran saja sudah oke,” papar Gunadi.

“Sekarang Kita menuju ke jawa tengah, Magelang, lanjut sampai ke Surabaya, sampai sana lanjut lewat jalur utara balik ke jakarta,” lanjutnya.

Pengujian bus listrik milik Kepala Staff Presiden Jendaral (Purn) Moeldoko ini, dijadwalkan berakhir hingga total jarak tempuhnya 10 ribu km. “Kita bukan (menguji berdasarkan waktu) harinya, yang penting km-nya, mau mencapai 5000 sampai 10000 km,” tutur gunadi. (plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here